Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118241
Title: Respon ketahanan anggrek Phalaenopsis terhadap penyakit busuk lunak akibat infeksi Dickeya dadantii dan karakterisasi molekuler dengan marka SNAP
Other Titles: Salah satu kendala dalam budidaya anggrek Phalaenopsis di daerah tropis adalah rendahnya ketahanan terhadap penyakit busuk lunak. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri patogen Dickeya dadantii. Penggunaan varietas tahan atau resisten merupakan salah satu alternatif pengendalian yang dapat diandalkan dan merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut. Varietas tahan dapat diperoleh melalui evaluasi dan seleksi ketahanan tanaman dengan menginokulasikan penyakit, namun seleksi ketahanan bukan sesuatu hal yang mudah dilakukan karena terkait dengan penyebaran dan penularan penyakit serta membutuhkan waktu yang lama dalam seleksi. Cara yang digunakan untuk mengatasinya adalah penggunaan marka molekuler, yang dapat mempersingkat waktu seleksi dalam memperoleh tanaman yang resisten. Serangkaian kegiatan penelitian dilakukan untuk mengembangkan metode evaluasi respon ketahanan anggrek Phalaenopsis terhadap infeksi bakteri D. dadantii, mengevaluasi respon ketahanan genotipe anggrek Phalaenopsis terhadap infeksi D. dadantii, mengisolasi dan mengkarakterisasi gen Pto asal 20 genotipe anggrek Phalaenopsis, dan mengembangkan marka SNAP (Single Nucleotide Amplified Polymorphism) pada 32 genotipe anggrek Phalaenopsis berbasis gen Pto.
Authors: Sukma, Dewi
Sudarsono, Sudarsono
Giyanto, Giyanto
Elina, Juanita
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Salah satu kendala dalam budidaya anggrek Phalaenopsis di daerah tropis adalah rendahnya ketahanan terhadap penyakit busuk lunak. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri patogen Dickeya dadantii. Penggunaan varietas tahan atau resisten merupakan salah satu alternatif pengendalian yang dapat diandalkan dan merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut. Varietas tahan dapat diperoleh melalui evaluasi dan seleksi ketahanan tanaman dengan menginokulasikan penyakit, namun seleksi ketahanan bukan sesuatu hal yang mudah dilakukan karena terkait dengan penyebaran dan penularan penyakit serta membutuhkan waktu yang lama dalam seleksi. Cara yang digunakan untuk mengatasinya adalah penggunaan marka molekuler, yang dapat mempersingkat waktu seleksi dalam memperoleh tanaman yang resisten. Serangkaian kegiatan penelitian dilakukan untuk mengembangkan metode evaluasi respon ketahanan anggrek Phalaenopsis terhadap infeksi bakteri D. dadantii, mengevaluasi respon ketahanan genotipe anggrek Phalaenopsis terhadap infeksi D. dadantii, mengisolasi dan mengkarakterisasi gen Pto asal 20 genotipe anggrek Phalaenopsis, dan mengembangkan marka SNAP (Single Nucleotide Amplified Polymorphism) pada 32 genotipe anggrek Phalaenopsis berbasis gen Pto.
One of the obstacles in a Phalaenopsis orchid cultivation in tropical regions is the low resistance to soft rot disease. The disease is caused by pathogenic bacteria Dickeya dadantii. Using resistant varieties is one of alternative control to do and is one of the appropriate solutions to overcome these obstacles. Resistant varieties can be obtained through the evaluation and selection of plant resistance by inoculating disease, but is not an easy thing to do because it can spread and transmission the disease and requires long time in the selection. Using molecular markers could shorten the time of selection to obtain resistant plants. A series of research activities were carried out to developed evaluation method of Phalaenopsis orchid resistance response to bacterial infections D. dadantii, evaluated respons of Phalaenopsis resistance to infection D. dadantii, isolated and characterized the Pto gene from 20 genotypes Phalaenopsis, and developed SNAP markers in 32 genotypes Phalaenopsis based on Pto gene.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118241
Appears in Collections:MT - Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2016jel.pdf
  Restricted Access
Fullteks2.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.