Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118058
Title: Pola keragaman nilai rapor SLA dan nmr mahasiswa IPB yang diterima melalui jalur Proyek Perintis II
Authors: Barizi;
Nasoetion, A.H.;
Slamet, Margono;
Kandahjaya, Hudaya
Issue Date: 1981
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi, dan hendak mengungkapkan pola hubungan antara peubah-peubah dalam data yang biasa dipakai untuk seleksi mahasiswn baru di Institut Pertanian Bogor (IPB). Data tersebut berupa Nilai Mutu Rata-rata (NMR) mahasiswa di Tingkat Persiapan Bersama (TPB) IPB, dan nilai-nilai rapor SLA. Data rapor yang biasa dipakai dalam Proyek Perintis II (PPII) sekarang ini adalah nilai-nilai mata ajaran Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika di kelas I, II, dan III SLA ( biasa dikatakan sebagai kelompok ilmu pengetahuan alam (IPA) dan Matematika, atau kelompok Sains). Untuk memeriksa dan membandingkan keterandalan data ini, ditelaah pula data nilai rapor untuk mata ajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Bumi, dan PMP di kelas I, II, dan III SLA (biasa disebut sebagai kelompok ilmu pengetahuan sosial (IPS), dengan memasukkannya secara sama-sama ke dalam model linear dari Sidik Faktor, Seluruhnya ada 25 peubah yang diperiksa, yakni 24 peubah mata ajaran berasal dari SLA dan satu peubah NMR berasal dari TPB-IPB. Pcmeriksaan diatas dilakulan pada data mahasiswa IPB yang telah dikelompokan berdasarkan mutu SLA-nya. Cara pengelompokan yang digunakan mengikuti caru pengkelasan mutu SLA yang dipakai Kandahjaya (1980). Dari pengelompokan ini mula-mula diperoleh empat populasi yang disebut kelas I, II, III, dan IV (atau golongan AB, CD, EF, dan GH). Kemudian untuk memperkecil keragaman mutu pada tiap kelas tadi, masing-masing kelas dipecah dua lagi berdasarkan tinggi rendahnya Nilai Mutu Sekolah (NMS) dari SLA bersangkutan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118058
Appears in Collections:MT - Mathematics and Natural Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1981hka.pdf
  Restricted Access
Fullteks6.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.