Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117883
Title: Potensi Ekstrak Daun Sambiloto (Andrographis paniculata Nees.) dalam Menekan Tingkat Infeksi Cendawan Patogen Terbawa Benih Gandum (Triticum aestivum L.)
Other Titles: The Potential of Sambiloto (Andrographis paniculata Nees.) Leaf Extract to Suppress Infection Levels of Seedborne Fungal Pathogen on Wheat (Triticum aestivum L.)
Authors: Soekarno, Bonny Poernomo Wahyu
Nawangsih, Abdjad Asih
Ikhfani, Khansa Ratu
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Gandum (Triticum aestivum L.) merupakan salah satu tanaman serealia yang turut memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan produksi terbesar di dunia. Rendahnya produksi gandum di Indonesia disebabkan masih terbatasnya ketersediaan benih bermutu dan memiliki ketahanan yang baik akan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang berpotensi menyerang, salah satunya kelompok cendawan. Studi pustaka ini bertujuan mengetahui potensi ekstrak daun sambiloto (Andrographis paniculata Nees.) dalam menekan tingkat infeksi cendawan patogen terbawa benih gandum berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan. Ekstrak daun sambiloto pada tingkat konsentrasi 10-100% dapat menekan tingkat infeksi cendawan Alternaria alternata, Aspergillus spp., Bipolaris sorokiniana, Culvularia lunata, Fusarium spp., Fusarium oxysporum, Fusarium moniliforme, Penicillium sp., Rhizopus sp., dan Trichoderma viridae sebesar 33.53-100%, serta menghasilkan zona hambat sebesar 11.50-34.50 mm pada cendawan Aspergillus flavus, Aspergillus niger, Mucor sp., Rhizopus arrhizus, dan Rhizopus sp.. Mayoritas proses ekstraksi dilakukan dengan teknik maserasi dan mayoritas pelarut yang digunakan adalah akuades. Serilisasi permukaan dengan merendam benih gandum ke dalam larutan NaOCL 1% selama 2 menit terlebih dahulu sebelum dilakukan perendaman dalam ekstrak daun sambiloto memberikan hasil yang baik dalam penekanan cendawan patogen terbawa benih gandum sampai 100%.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117883
Appears in Collections:UT - Plant Protection

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover..pdf
  Restricted Access
Cover641.72 kBAdobe PDFView/Open
Fullteks.pdf
  Restricted Access
Fullteks777.78 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran..pdf
  Restricted Access
Lampiran171.95 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.