Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117633
Title: Evaluasi kinerja dosen dan kinerja Sekolah Tinggi Perikanan melalui modal intelektual
Authors: Sukmawati, Anggraini
Hubeis, Aida Vitayala S
Yuliana, Mextaria
Issue Date: 2019
Abstract: Modal intelektual merupakan sumber daya tak berwujud yang dimiliki oleh organisasi, yang dapat digunakan untuk menciptakan nilai bagi organisasi. Modal intelektual terdiri atas sumber daya modal insani, organisasi itu sendiri dan hubungannya dengan lingkungan. Pengelolaan modal intelektual diharapkan dapat meningkatkan kinerja, baik kinerja dosen maupun kinerja organisasi. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal intelektual terhadap kinerja dosen dan kinerja organisasi, serta pengaruh kinerja dosen terhadap kinerja organisasi. Kinerja dosen diukur dengan nilai Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan kinerja organisasi diukur menggunakan perspektif pelanggan, keuangan, proses internal serta pembelajaran dan pertumbuhan. Teknik pengambilan contoh adalah sensus terhadap seluruh dosen Sekolah Tinggi Perikanan. Analisis data yang terdiri dari 106 kuesioner meliputi analisis deskriptif responden, uji korelasi dengan metode Rank Spearman dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan LISREL. Hasil penelitian ini adalah: 1) modal intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen; 2) modal intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi; dan 3) kinerja dosen berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi, namun tidak signifikan. Perguruan tinggi adalah organisasi dengan modal intelektual yang tinggi, sehingga organisasi harus mampu mengelolanya untuk meningkatkan kinerja dosen dan kinerja organisasi
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117633
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2019myu.pdf
  Restricted Access
Fulltext23.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.