Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117285
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorYusalina, Yusalina-
dc.contributor.advisorAsmarantaka, Ratna Winandi-
dc.contributor.authorMiranda, Vanesha-
dc.date.accessioned2023-05-07T01:48:54Z-
dc.date.available2023-05-07T01:48:54Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117285-
dc.description.abstractKabupaten Bogor merupakan salah satu wilayah yang berpotensi dalam pengembangan kopi Robusta karena memiliki karakteristik yang sesuai dengan kriteria tanam kopi Robusta. Produktivitas kopi Robusta Kabupaten Bogor mencapai 875 kg/ha yang berpengaruh dalam kegiatan pemasaran, di mana umumnya melibatkan petani, pengepul, pedagang, dan konsumen. Keterlibatan berbagai lembaga pemasaran menjadikan adanya perbedaan harga kopi Robusta di antara saluran pemasaran karena pelaksanaan fungsi-fungsi pemasaran. Petani seringkali tidak dapat menjangkau pasar konsumen secara langsung, sehingga membutuhkan perantara dalam mendistribusikan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, pelaksanaan fungsi-fungsi pemasaran, dan efisiensi saluran pemasaran kopi Robusta di dua wilayah berbeda, yaitu Desa Sukawangi dan Desa Tugu Utara di Kabupaten Bogor. Analisis dalam penelitian ini membandingkan alternatif saluran pemasaran, menganalisis fungsi pemasaran, dan secara kuantitatif menganalisis efisiensi pemasaran. Sampel penelitian terdiri dari 36 responden petani kopi Robusta dan 12 lembaga pemasaran kopi Robusta dengan menggunakan analisis kualitatif untuk saluran dan fungsi-fungsi pemasaran, serta analisis kuantitatif dalam menghitung marjin pemasaran, farmer’s share, serta distribusi rasio keuntungan dan biaya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua jenis saluran pemasaran kopi Robusta di Kabupaten Bogor, yaitu saluran pemasaran asalan di Desa Sukawangi dan saluran pemasaran non-asalan di Desa Tugu Utara. Saluran pemasaran asalan terdiri dari tiga saluran pemasaran berbeda yang melibatkan petani, pengumpul kecil dan besar, pedagang besar daerah, serta industri pengolahan. Saluran pemasaran non-asalan terdiri dari dua saluran pemasaran berbeda yang melibatkan petani, pengumpul kecil, serta roastery dan coffee shop. Perbedaannya terletak pada kualitas green beans yang dihasilkan, pelaksanaan fungsi sortasi, dan ujung dari sistem pemasaran yang terbentuk. Setiap lembaga pemasaran melakukan fungsi pemasaran yang terdiri dari fungsi pertukaran, fungsi fisik, dan fungsi fasilitas. Pada saluran pemasaran asalan, efisiensi relatif berada pada saluran pemasaran 3 yang merupakan saluran pemasaran terpendek dengan nilai marjin pemasaran terkecil, farmer’s share terbesar, serta distribusi keuntungan dan biaya yang merata. Dominasi kegiatan pemasaran di saluran pemasaran asalan berada di saluran pemasaran 2, sehingga kegiatan pemasaran kopi Robusta asalan di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur belum efisien. Pada saluran pemasaran non-asalan, saluran pemasaran 4 merupakan saluran pemasaran paling efisien dari seluruh indikator pengukuran efisiensi, namun distribusi keuntungan belum merata. Saluran pemasaran 4 merupakan saluran yang dominan dilakukan pada kegiatan pemasaran kopi Robusta di Desa Tugu Utara, sehingga kegiatan pemasaran kopi Robusta di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua sudah efisien.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Efisiensi Pemasaran Kopi Robusta (Studi Kasus: Desa Sukawangi dan Desa Tugu Utara di Kabupaten Bogor)id
dc.title.alternativeMarketing Efficiency Analysis of Robusta Coffee (Case Study: Sukawangi Village and Tugu Utara Village in Bogor Regency)id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordCoffeeid
dc.subject.keywordMarketing Channelid
dc.subject.keywordMarketing Efficiencyid
dc.subject.keywordMarketing Functionid
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover421.6 kBAdobe PDFView/Open
H3501211023_Vanesha Miranda.pdf
  Restricted Access
Fulltext948.75 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran179.42 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.