Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117241| Title: | Pengenalan Konsep dan Prinsip Jurnalisme Pembangunan |
| Authors: | Hadiyanto |
| Issue Date: | 2022 |
| Abstract: | Kurikulum baru pada Program Studi Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (IPB 2020) menawarkan salah satu konsentrasi atau mayor elektif bagi mahasiswa baru angkatan 2018/2019 yaitu “Komunikasi dan Penyuluhan Pembangunan,” di samping dua konsentrasi lainnya, yaitu (1) “Tata Kelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan,” dan (2) “Pengembangan Masyarakat.” Munculnya matakuliah Jurnalistik Pembangunan merupakan kelanjutan dari matakuliah “Dasar-dasar Komunikasi Pembangunan” yang diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada pembentukan kompetensi pada konsentrasi atau minat Komunikasi dan Penyuluhan Pembangunan (KPP) sekaligus memberi sumbangan pada pencapaian Learning Outcomes Program Studi Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Sebagai “metamorfosa” dari matakuliah sebelumnya, yaitu Komunikasi Massa, matakuliah Jurnalistik Pembangunan (selanjutnya disingkat JP atau Jupe) memberi penekanan pada sisi jurnalistiknya, yang sebenarnya sudah diberikan pada paruh terakhir perkuliahan komunikasi massa, terutama untuk memperkuat Implementasi nyata dari Komunikasi Massa yang relevan dengan fungsinya untuk mendukung pembangunan, baik pada aras nasional, regional maupun lokal (komunitas). Mata kuliah Jupe diberikan agar mahasiswa memperoleh pengalaman belajar tentang jurnalistik pembangunan. Materi kuliah terdiri dari aspek teoritis dan praktis untuk memberikan pemahaman tentang dasar konsep dan teori jurnalistik, media massa, dan komunikasi massa dalam pembangunan, serta aspek praktis untuk. dst ... |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117241 |
| Appears in Collections: | Communication and Community Development |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Hadiyanto_PENGENALAN KONSEP DAN PRINSIP JURNALISME PEMBANGUNAN.pdf | Article | 303.71 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.