Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116978
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMachfud, Machfud-
dc.contributor.advisorAnggraeni, Elisa-
dc.contributor.authorSitorus, Gloria Febriani-
dc.date.accessioned2023-04-04T04:56:20Z-
dc.date.available2023-04-04T04:56:20Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116978-
dc.description.abstractUsaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pelaku usaha di Indonesia yang memiliki potensi cukup besar dalam mendukung perekonomian nasional. Namun dalam pelaksanaanya di lapangan, pelaku UMKM mengalami keterbatasan dalam menjalankan usahanya sehingga hal inilah yang membuat sektor UMKM sulit untuk berkembang. Adanya keterbatasan yang dialami UMKM dapat dibantu melalui peran berbagai pihak salah satunya peran inkubator bisnis. Inkubator bisnis merupakan salah satu pihak yang dapat berperan dalam membantu penumbuhan dan pengembangan bisnis UMKM. Oleh karena itu, penting sekali bagi inkubator bisnis untuk selalu mengembangkan program pendampingannya agar dapat selalu memfasilitasi dan mendampingi UMKM sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan yang tepat bagi inkubator bisnis IPB dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal inkubator bisnis IPB. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis matriks IFE untuk identifikasi faktor internal, analisis matriks EFE untuk identifikasi faktor eksternal, analisis matriks IE, analisis matriks SWOT untuk perumusan alternatif strategi, dan analisis matriks QSPM untuk penentuan strategi prioritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inkubator bisnis IPB berada pada strategi tumbuh dan membangun, dan terdapat tiga strategi yang dapat direkomendasikan untuk pengembangan inkubator bisnis IPB dalam mendampingi UMKM, yaitu inkubator perlu mengembangkan suatu platform online marketing yang dapat membantu pemasaran produk tenant secara online, mengembangkan program-program inkubasi yang dapat meningkatkan daya saing tenant, serta membangun kerjasama dengan banyak pihak baik nasional maupun internasional untuk meluaskan jaringan inkubator bisnis.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pengembangan Inkubator Bisnis dalam Pendampingan Usaha UMKMid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordInkubator Bisnisid
dc.subject.keywordMatriks EFEid
dc.subject.keywordMatriks IFEid
dc.subject.keywordMatriks QSPMid
dc.subject.keywordMatriks SWOTid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pernyataan,Abstrak,Lembar Pengesahan,Prakata, dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover506.05 kBAdobe PDFView/Open
K15180109_Gloria Febriani Sitorus.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.63 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran863.62 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.