Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116975
Title: Eksplorasi Daya Pikat Layanan Pay Later Pada Konsumen Generasi Milenial dan Z
Authors: Herlina, Lien
Indrawan, Raden Dikky
Nabila, Sekar
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Fenomena perkembangan industri pay later di Indonesia sangat signifikan. Dengan berkembangnya pay later berdampak positif untuk industri pay later di Indonesia. Namun, disisi lain juga terdapat hal negatif yang dirasakan konsumen. Indonesia saat ini didominasi oleh generasi milenial dan Z. Pulau Jawa merupakan wilayah dengan jumlah generasi milenial dan Z terbanyak di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik psikografis, merancang journey generasi milenial dan Z dalam penggunaan pay later, dan merumuskan strategi implikasi manajerial. Teknik pengambilan partisipan menggunakan nonprobability sampling dengan teknnik purposive sampling dan snowball samping dengan partisipan berjumlah 28 orang. Sedangkan, teknik pengolahan data dengan analisis deskriptif dan customer journey mapping. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara daring maupun langsung kepada individu. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus hingga September 2022. Software NVivo 12 Plus digunakan sebagai alat untuk mengatur, menganalisis, dan memvisualisasikan data. Profil partisipan penelitian ini didominasi perempuan yang berdomisili di Jawa Barat dengan pendidikan SMA sederajat. Pekerjaan didominasi mahasiswa dan karyawan. Layanan pay later yang sering digunakan adalah Layanan A. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga kelompok psikografis terdiri atas borrowing, spending, dan investing. Serta analisis visualisasi customer journey mapping pengguna pay later generasi milenial dan Z. Penelitian ini memberikan rekomendasi meliputi meningkatkan target pemasaran kepada segmentasi laki-laki, meningkatkan positioning dengan berkolaborasi bersama influencer, meningkatkan target pemasaran yang melibatkan konsumen, menjaga dan meningkatkan loyalitas segmentasi konsumen, dan peninjauan secara berkala terhadap limit yang diberikan kepada segmentasi konsumen.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116975
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pernyataan,Abstrak,Lembar Pengesahan,Prakata, dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover519.71 kBAdobe PDFView/Open
K14180035_Sekar Nabila.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.18 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.