Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116766
Title: Evaluasi Respon Makan Ikan Mas (Cyprinus carpio) yang Diberi Stimulus Berbagai Cahaya sebagai Tanda Makan dan Stressor
Other Titles: Evaluation of Feeding Response of Carp (Cyprinus carpio) Given Various Light Stimulus as a Sign of Eating and Stressor
Authors: Fauzi, Ichsan Ahmad
Jusadi, Dedi
Pradana, Andiko
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian bertujuan mengevaluasi respon makan ikan mas yang sudah dikondisikan dengan menggunakan kilatan cahaya sebagai rangsangan terkondisi untuk perlakuan pemberian makan ikan sekaligus melihat bagaimana stressor dapat memengaruhi respon makan ikan tersebut. Cahaya berwarna digunakan sebagai tanda makan untuk dapat mengevaluasi kemampuan ikan yang dalam mengasosiasikan sinyal tertentu dengan kegiatan pemberian pakan. Penggunaan metode pada penelitian ini yaitu rancangan acak lengkap dengan melakukan 4 perlakuan dan 3 ulangan, di antaranya, P1 (warna dan sisi cahaya acak, tanpa stressor), P2(warna cahaya hijau, tanpa stressor), P3 (warna cahaya hijau, stressor) dan, Kontrol (tanpa stimulus cahaya). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pemberian pakan menggunakan stimulus cahaya berwarna sebagai penanda makan berpengaruh terhadap respon ikan mas yang mampu beradaptasi atau belajar terhadap stimulus-stimulus yang diberikan berdasarkan waktu mendekati pada sumber cahaya yang diberikan, yakni rata-rata ikan pada awal pemberian stimulus membutuhkan waktu rata rata lebih dari 90 detik dan pada akhir pemberian stimulus meningkat menjadi 20–40 detik. Perlakuan cahaya maupun stressor tidak mempengaruhi pertumbuhan ikan pada pemeliharaan selama 28 hari.
The aim of this study was to evaluate the conditioned feeding response of carp fish using a flash of light as the conditioned stimulus for the fish feeding treatment and to see how stressors could affect the feeding response of the fish. Colored light is used as a feeding signal to be able to evaluate the ability of fish to associate certain signals with feeding activities. The method used in this study was a completely randomized design with 4 treatments and 3 repetitions, including, P1 (color and random light side, without stressor), P2 (green light color, without stressor), P3 (green light color, stressor) and, Control (without light stimulus). The results showed that the feeding method using a colored light stimulus as a feeding marker had an effect on the response of carp fish that were able to adapt or learn to the given stimuli based on the time it took to approach the given light source, i.e. the average fish at the beginning of giving the stimulus needed time average more than 90 seconds and at the end of the stimulus increased to 20-40 seconds. Light and stressor treatment did not affect fish growth in maintenance for 28 days.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116766
Appears in Collections:UT - Aquaculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.pdf
  Restricted Access
Cover635.66 kBAdobe PDFView/Open
FULL TEXT.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.4 MBAdobe PDFView/Open
LAMPIRAN.pdf
  Restricted Access
Lampiran553.53 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.