Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116707
Title: Pengaruh Influencer Endorsement Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembayaran Zakat, Infak Dan Sedekah Di Baznas Sumatera Selatan
Authors: Beik, Irfan Syauqi
Aminah, Mimin
Pranata, Eka Octavian
Issue Date: 9-Feb-2023
Publisher: IPB University
Abstract: Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim memiliki potensi zakat, infak dan sedekah yang luar biasa. Setiap tahun, perolehan zakat, infak dan sedekah di Indonesia meningkat drastis. Tentunya banyak hal yang telah dilakukan oleh lembaga zakat untuk menarik para muzakki dalam membayar zakat, infak dan sedekah. Perkembangan teknologi informasi sudah sangat pesat. Tak terkecuali dalam cara membayar zakat, infak dan sedekah, Internet telah mengubah cara muzzaki dalam membayar zakat dan cara mustahiq mempromosikan lembaga zakat. Influencer endorsement merupakan salah satu strategi marketing entrepreneur saat ini. Mempromosikan produk dengan menggunakan Influencer endorsement merupakan cara efektif dan efisien untuk meningkatkan jumlah muzzaki dan dana zakat, infak maupun sedekah. Muzzaki pertama-tama akan menjelajahi web untuk membaca komentar dan ulasan tentang lembaga amil zakat dalam membuat keputusan pembayaran zakat, infak dan sedekah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apakah strategi promosi dengan influencer dan electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan membayar zakat infak dan sedekah. Metode pengambilan sampel (responden) yang digunakan adalah purposive sampling. Data diolah dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian diperoleh 250 responden dan menunjukkan bahwa variabel Influencer endorsement dan electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan membayar zakat infak dan sedekah. Variabel influencer endorsement berpengaruh signifikan terhadap variabel Electronic word of mouth. Variabel influencer endorsement berpengaruh signifikan terhadap keputusan membayar zakat, infak dan sedekah melalui Electronic word of mouth. Hasil penelitian menyatakan bahwa perlu adanya peran yang optimal dari Baznas Provinsi Sumatera Selatan dengan menggunakan Influencer Endorsement menjadi sebuah langkah yang efektif dalam mengiklankan Baznas Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk dipasarkan di laman media sosialnya, sehingga secara langsung audience akan merasa percaya dan tergerak untuk mengambil keputusan melakukan transaksi pembayaran zakat, infak dan sedekah di Baznas Sumatera Selatan. Peran influencer sangat penting dalam pembentukan eWOM di tengah masyarakat, yang pada akhirnya akan meningkatkan keputusan pembayaran ZIS, dikarenakan influencer terhubung dengan baik, memberikan dampak dan merupakan trendsetter bagi para pengikutnya yang di harapkan mampu untuk meningkatkan jumlah pembayaran zakat infak dan sedekah di Baznas Provinsi Sumatera Selatan.
As a Muslim-majority country, Indonesia has tremendous potential for zakat, infaq, and alms. Every year, Indonesia's acquisition of zakat, infaq, and alms increases drastically. Zakat institutions have done things to attract muzakki by paying zakat, infaq, and alms. The development of information technology has been very rapid. The internet has changed how muzzaki pays zakat, and mustahiq promotes zakat institutions. Influencer endorsement is one of the current entrepreneur marketing strategies. Promoting products using Influencer endorsements is an effective and efficient way to increase the amount of muzzaki and zakat, infaq, and alms funds. Muzzaki will scour the web to read comments and reviews about amil zakat institutions in making zakat, infaq, and alms payment decisions. Therefore, it is important to know whether promotional strategies with influencers and electronic word of mouth significantly affect the decision to pay zakat, infaq, and alms. The sampling method (respondents) used was purposive sampling. Data was processed and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with Partial Least Square (PLS). The study's results obtained 250 respondents and showed that the influencer endorsement and electronic word-of-mouth variables significantly affected the decision to pay zakat, infaq, and alms. The influencer endorsement variable has a significant effect on the Electronic word-of-mouth variable. The influencer endorsement variable significantly affects the decision to pay zakat, infaq, and alms through electronic word of mouth. The results of the study state that it is necessary to have an optimal role for Baznas of South Sumatra Province by using Influencer Endorsement. It is an effective step in advertising Baznas South Sumatra to the public to be marketed on its social media pages so that the audience will immediately feel trusted and moved to decide to do so. Zakat, infaq, and alms payment transactions at BAZNAS South Sumatra. The role of influencers is very important in forming eWOM in the community. It will ultimately increase ZIS payment decisions. It is because influencers are well connected, have an impact, and are trendsetters for their followers, who are expected to be able to increase the amount of zakat infaq and alms payments at Baznas Sumatra Province South.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116707
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H2501202058_Eka Octavian Pranata.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.16 MBAdobe PDFView/Open
Cover, lembar pengesahan, Prakata, daftar isi.pdf
  Restricted Access
Cover1.52 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran954.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.