Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116701
Title: Formulasi Strategi B2B Produk Struktur Baja pada PT Cilegon Fabricators di Pasar Dalam Negeri
Authors: Herlina, Lien
Nuraisyah, Ani
Devarantika, Citra
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: PT Cilegon Fabricators merupakan salah satu perusahaan konstruksi di Indonesia yang memasarkan produknya secara B2B. Sejak menurunnya kebutuhan pada pasar luar negeri, PT Cilegon Fabricators saat ini sedang melihat dan memanfaatkan peluang pasar di pasar dalam negeri dengan produk utama berupa struktur baja. Berdasarkan data pendapatan tahunan, pendapatan yang dihasilkan oleh produk utama berupa struktur baja masih dinilai rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penyebab rendahnya pendapatan tahunan produk struktur baja di pasar dalam negeri serta untuk memformulasi alternatif strategi B2B yang tepat berdasarkan kondisi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Porter’s five forces, paired comparison, matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil analisis menunjukan bahwa penyebab rendahnya pendapatan tahunan produk struktur baja adalah karena ketatnya persaingan dalam industri serta kuatnya daya tawar pembeli. Matriks SWOT menghasilkan lima alternatif strategi yang disintesis menjadi tiga strategi dengan urutan prioritas berdasarkan matriks QSPM adalah strategi memperluas pangsa pasar, strategi skema pembayaran, lalu strategi menjaga loyalitas.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116701
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pernyataan,Abstrak,Lembar Pengesahan,Prakata, dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover477.45 kBAdobe PDFView/Open
K14180056_Citra Devarantika.pdf
  Restricted Access
Fulltext849.56 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran682.08 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.