Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116236
Title: Strategi Bisnis Berkelanjutan pada Hotel Selarong Bogor
Authors: Jahroh, Siti
Suparno, Ono
Anggraeni, Ajeng Siti
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: AJENG SITI ANGGRAENI. Strategi Bisnis Berkelanjutan pada Hotel Selarong Bogor. Dibimbing oleh SITI JAHROH dan ONO SUPARNO. Keberlanjutan saat ini menjadi tujuan utama banyak industri, termasuk industri perhotelan, hal itu merupakan isu penting untuk pengembangan industri. Hotel mengkonsumsi sejumlah besar energi dan air untuk pemanasan, pendinginan dan penerangan, yang berdampak negatif terhadap lingkungan. Beberapa hotel telah menerapkan kebijakan lingkungan untuk secara khusus menggalakkan pelestarian lingkungan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas hidup manusia. Hotel Selarong terletak di kawasan resapan air daerah puncak Bogor, pengelolaan secara berkelanjutan sangat penting untuk meminimalkan dampak lingkungan dari kegiatan perusahaan. Hotel Selarong Bogor merupakan hotel kelas melati, strategi yang digunakan masih menggunakan strategi konvensional dalam penerapan bisnis yang sedang dijalankan perlu adanya pengembangan model bisnis berkelanjutan. Dalam menghadapi persaingan yang akan terjadi, Hotel Selarong Bogor dapat menggunakan strategi pengembangan bisnis berkelanjutan untuk mengantisipasi perubahan lingkungan dan memberikan nilai tambah terhadap perusahaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis model bisnis saat ini yang dijalankan oleh Hotel Selarong Bogor, (2) menganalisis strategi pengembangan bisnis dengan menggunakan Analisis SWOT pada Hotel Selarong Bogor, (3) menyusun strategi prioritas yang akan digunakan oleh perusahaan, dan (4) merancang business model canvas for sustainability (BMCS) Hotel Selarong Bogor untuk masa mendatang. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, BMCS, IFE (internal factor evaluation) dan EFE (external factor evaluation), IE (internal external), SWOT dan AHP (analytical hierarchy process) EVM (eigen value maksimum). Penelitian melakukan wawancara di bulan Juni 2022, kepada pemilik, wakil pemilik dan manajer untuk menganalisis BMCS eksisting yang sedang di jalankan oleh Hotel Selarong Bogor. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, hasil penelitian BMCS eksisting menunjukan bahwa Hotel Selarong Bogor belum menerapkan strategi yang berkelanjutan. Kedua, hasil analisis SWOT mendapatkan sepuluh strategi yang kemudian menganalisis strategi prioritas dengan menggunakan pendekatan AHP EVM. Ketiga, hasil strategi prioritas AHP EVM mendapatkan 3 strategi prioritas yaitu, merubah visi dan misi perusahaan ke arah sustainable business, memperkuat promosi Hotel Selarong yang berkelanjutan dengan konsep “Green Hotel” dan memperbaiki serta menambah fasilitas untuk meningkatkan posisi perusahaan dimata konsumen. Keempat, strategi green hotel digunakan dalam menerapkan BMCS baru Hotel Selarong dan BMCS baru menghasilkan penambahan di 8 bagian yaitu vision and mission, value proposition, customers, revenue model, key activities, key resources, key partnership dan cost structure dari 10 bagian BMCS. Pada BMCS baru terdapat perubahan visi dan misi, green hotel berusaha mengurangi pencemaran lingkungan, menghemat energi, dan menurunkan jumlah sumber daya yang dikonsumsi dalam proses operasional.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116236
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pernyataan,Abstrak,Lembar Pengesahan,Prakata, dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover508.06 kBAdobe PDFView/Open
K1501202106_Ajeng Siti Anggraeni.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.31 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran299.66 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.