Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115795
Title: Pengaruh Insektisida Abamektin dan Profenofos terhadap lebah penyerbuk Tetragonula laeviceps (Hymenoptera: Apidae: Meliponini)
Other Titles: Effect of Abamektin and Profenofos on Pollinating Bees Tetragonula laeviceps (Hymenoptera: Apidae: Meliponini)
Authors: Mubin, Nadzirum
Sartiami, Dewi
Nurvaidah, Riska
Issue Date: 30-Dec-2022
Publisher: IPB University
Abstract: Penyerbuk merupakan komponen penting dalam menyediakan layanan ekosistem bagi tanaman. Salah satu lebah yang berpotensi sebagai penyerbuk adalah lebah tidak menyengat (stingless bees) dari spesies Tetragonula laeviceps. Penggunaan pestisida pada pertanaman dapat memengaruhi keberadaan lebah penyerbuk. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh insektisida abamektin dan profenofos terhadap lebah T. laeviceps. Metode yang digunakan dalam pengujian adalah uji ketertarikan lebah, uji topikal, uji paparan oral, dan uji paparan residu pestisida berbahan aktif abamektin (180 ppm) dan profenofos (1500 ppm). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lebah lebih tertarik terhadap aroma insektisida abamektin dibandingakan profenofos. Dosis anjuran abamektin (180 ppm) pada label insektisida berbahaya terhadap lebah karena pada konsentrasi yang lebih rendah dari dosis anjuran dapat mematikan 100% serangga uji pada semua metode uji. Sedangkan dosis anjuran profenofos (1500 ppm) mematikan 100% serangga uji pada metode topikal dan oral. Nilai LD50 insektisida abamektin (0,0064 ppm) dan profenofos (0,0345 ppm) termasuk ke dalam toksisitas tinggi. Oleh karena itu, insektisida berbahan aktif abamektin dan profenofos berbahaya terhadap lebah T. laeviceps.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115795
Appears in Collections:UT - Plant Protection

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.pdf
  Restricted Access
Cover469.14 kBAdobe PDFView/Open
FULL TEXT.pdf
  Restricted Access
Fullteks996.06 kBAdobe PDFView/Open
LAMPIRAN.pdf
  Restricted Access
Lampiran184.16 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.