Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115722
Title: Analisis Kualitas Mobile-JKN dan Layanan Care-Center terhadap Kepuasan Peserta JKN-KIS dengan Metode PLS-SEM
Other Titles: Analysis of the Quality of Mobile-JKN and Care-Center Services on JKN-KIS Participant Satisfaction with the PLS-SEM Method
Authors: Wigena, Aji Hamim
Erfiani, Erfiani
Artha, Made Agung Prebawa Parama
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Sains data (data science) telah menjadi perhatian ahli statistika dunia akhir-akhir ini. Dunia industri, bisnis dan ilmu pengetahuan sangat memerlukan ilmu ini untuk melakukan analisis data maupun prediksi untuk perkembangan bisnis, industri maupun bidang - bidang lain di masa depan. Salah satu pemanfaatan Sains Data pada perusahaan adalah penggunaan E- commerce. Aplikasi Mobile dan Call Center adalah penggunaan E-commerce yang marak digunakan. Penggunaan aplikasi Mobile dan Call Center digunakan diberbagai industri seperti asuransi, transportasi, perbankan, dan lain lain. Salah satu bidang industri yang diteliti adalah bidang asuransi dan perusahan yang mewakili bidang ini adalah BPJS Kesehatan karena memiliki jumlah pengguna yang mencakup seluruh penduduk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas aplikasi Mobile-JKN dan Layanan Care-Center terhadap kepuasan peserta JKN-KIS dengan menggunakan metode PLS-SEM. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 1.389 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square-Strucural Equation Modelling (PLS-SEM) yang dapat memprediksi hubungan peubah laten eksogen dengan peubah laten endogen. Hasil Outer Model yang diperoleh dari penelitian ini yaitu nilai loading factor dari semua indikator sudah memenuhi kriteria melebihi dari angka 0.7 atau sering digunakan batas 0,6 sebagai batasan minimal dari nilai loading factor. Nilai t-hitung untuk peubah kualitas aplikasi terhadap kepuasan peserta sebesar 10,657 dan peubah kualitas layanan Care-Center terhadap kepuasan peserta sebesar 10,626. Hal ini menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel yang artinya kualitas aplikasi Mobile-JKN dan layanan Care-Center berpengaruh terhadap kepuasan peserta.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115722
Appears in Collections:MT - Mathematics and Natural Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover212.34 kBAdobe PDFView/Open
Made_Agung_Prebawa_P_A_G1501202055.pdf
  Restricted Access
Fullteks4.05 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran302.44 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.