Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115679
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDaryanto, Arief-
dc.contributor.advisorDewi S, Febriantina-
dc.contributor.authorFiha, Aina-
dc.date.accessioned2022-12-26T13:41:57Z-
dc.date.available2022-12-26T13:41:57Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115679-
dc.description.abstractSelama pandemi Covid-19, ribuan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Pasar Tanah Abang mengalami kesulitan untuk tetap bertahan akibat masifnya disrupsi dalam berbagai aspek bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi dampak kebijakan pandemi pemerintah terhadap UKM; (2) merumuskan upaya resiliensi yang telah diadopsi UKM Pasar Tanah Abang; (3) dan mengoptimalisasi strategi yang telah ada untuk membantu lebih banyak UKM busana. Penelitian ini dilakukan dengan menggabungkan wawancara mendalam serta observasi terhadap tiga UKM studi kasus, masing-masing dengan modal bisnis dan jenis produk yang berbeda. Penentuan responden dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penemuan kemudian ditelaah menggunakan skala likert pada Adaptability, Cohesion, Efficiency, Diversity Resilience Attributes dan analisis deskriptif. Ditemukan bahwa UKM yang memiliki tingkat adaptasi tinggi cenderung memiliki efisiensi juga tinggi, sedangkan atribut kohesivitas dan diversitas pada UKM bersifat bertolak belakang. Hasil penelitian menyarankan UKM busana untuk menjelajahi potensi ekspor kreatif, mengadopsi teknologi, mengembangkan skema bisnis kemitraan, inovasi produk, serta memperbaiki perputaran persediaan dan piutang.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Resiliensi Bisnis UKM Busana di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Blok A Pasar Tanah Abang)id
dc.title.alternativeBusiness Resilience Strategies by Fashion SMEs During Covid-19 Pandemic (Case Study: Blok A Tanah Abang Market)id
dc.title.alternativeBusiness Resilience Strategies by Fashion SMEs During Covid-19 Pandemic (Case Study: Blok A Tanah Abang Market)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordCovid-19id
dc.subject.keywordresilience, SMEsid
dc.subject.keywordstrategyid
dc.subject.keywordTanah Abang Marketid
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover1.77 MBAdobe PDFView/Open
K14170076_Aina Fiha.pdf
  Restricted Access
Fullteks10.41 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.