Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115158
Title: Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam terhadap Keberhasilan Usaha Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Cipanas)
Authors: Lubis, Deni
Hasanah, Qoriatul
Maryam, Siti
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Pasar Cipanas merupakan pasar bersertifikasi SNI pertama di Cianjur, yang memiliki slogan Gerbang Marhamah (Gerakan Pembangunan Masyarakat Berakhlakul Karimah) dan mayoritas pedagangnya beragama Islam. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan etika bisnis Islam terhadap keberhasilan usaha pedagang di Pasar Cipanas dengan sampel sebanyak 90 orang pedagang makanan dan bahan pangan. Data dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (SEM-PLS) dan analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa etika manajemen, etika pemasaran dan etika lingkungan berpengaruh positif terhadap keberkahan usaha dan keberkahan usaha berpengaruh positif terhadap peningkatan finansial, peningkatan pelanggan serta loyalitas karyawan. Secara keseluruhan penerapan etika bisnis Islam berpengaruh positif terhadap keberhasilan usaha pedagang pasar Cipanas.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115158
Appears in Collections:UT - Syariah Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Lembar Pengesahan, Prakata, Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover337.9 kBAdobe PDFView/Open
H54180008_Siti Maryam.pdf
  Restricted Access
Fullteks11.89 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran278.16 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.