Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115012
Title: Budidaya, Panen, dan Pascapanen Tanaman Serai Dapur (Cymbopogon citratus) di Rumah Atsiri Indonesia, Karanganyar, Jawa Tengah.
Other Titles: Cultivation, Harvesting, and Post Harvesting of Lemongrass (Cymbopogon citratus) at Rumah Atsiri Indonesia, Karanganyar, Central Java.
Authors: Trikoesoemaningtyas
Kurniawati, Ani
Andersen, Benedictus
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Penggunaan bahan bakar berbasis fosil seperti minyak bumi dan gas bumi yang semakin tinggi menyebabkan adanya ketidakseimbangan kebutuhan energi dengan ketersediaan energi tersebut. Oleh karena itu dilakukan pemanfaatan biomassa sekam padi sebagai energi alternatif yang diaplikasikan pada kompor biomassa berupa tungku sekam. Tujuan penelitian adalah untuk mengoptimasi efisiensi tungku sekam skala industri kecil dengan menvariasikan lubang katup aliran oksigen dan massa air yang dipanaskan. Pengujian pada tungku sekam dilakukan dengan metode Water Boiling Test (WBT) dengan parameter uji: waktu pembakaran, FCR, daya masuk, daya keluar, daya yang hilang, energi radiasi, dan konduktivitas termal bagian wajan dan cerobong tungku sekam. Pengujian dilakukan terhadap 4 variasi lubang katup aliran oksigen (horizontal: 18 x 36 cm2 dan 27 x 36 cm2 , vertikal: 27 x 24 cm2 dan 27 x 12 cm2 ) dan 3 variasi massa air yang dipanaskan (6 kg, 12 kg, 18 kg). Diperoleh efisiensi tungku sekam paling tinggi pada pemanasan 18 kg air, dan berdasarkan tiap parameter uji, kinerja tungku sekam paling optimum pada lubang katup horizontal 27 x 36 cm2 dengan rata-rata efisiensi 17,32%
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115012
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover,455.17 kBAdobe PDFView/Open
Skripsi_Benedictus Andersen_.pdf
  Restricted Access
Fullteks10.97 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran929.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.