Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114864
Title: Peran Pemuda dalam Program Pemberdayaan Pertanian untuk Petani Muda (Studi Kasus Kebun Merdesa di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor)
Other Titles: The Role of Youth in Agricultural Empowerment Programme for Young Farmers (Case Study of Merdesa Farm, in Cikarawang Village, Dramaga District, Bogor Regency)
Authors: Shohibuddin, Mohamad
Nuryaman K, R imam
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengkaji peran pemuda yang menjadi peserta dalam program pemberdayaan pertanian untuk petani muda dengan memperhitungkan variabel faktor internal dan eksternal. Fenomena ini diteliti melalui delapan pemuda yang terlibat dalam Kebun Merdesa di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor sebagai peserta program pemberdayaan. Faktor internal terdiri atas tingkat pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman bertani, penguasaan teknologi, dan penguasaan tanah. Sementara itu, faktor eksternal meliputi dukungan program pemberdayaan petani muda dan infrastruktur teknologi bertani dari luar program Kebun Merdesa. Adapun peran pemuda yang diidentifikasi dibagi menjadi peranan motivator, fasilitator, dan mobilisator. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang didukung oleh pendekatan kuantitatif. Penelitian kualitatif dilakukan melalui observasi lapangan dan wawancara mendalam. Adapun penelitian kuantitatif dilakukan melalui survei dengan instrumen kuesioner dan hanya bersifat pendukung tanpa melakukan analisis hubungan antar sejumlah variabel secara statistik. Hasil tabulasi silang menunjukkan bahwa sebagian besar faktor internal (tingkat pendidikan, pengalaman berorganisasi, dan penguasaan tanah) dan satu faktor eksternal (dukungan infrastruktur bertani) memiliki hubungan dengan peran pemuda. Sementara itu, faktor internal berupa pengalaman bertani dan penguasaan teknologi serta faktor eksternal berupa program pemberdayaan pertanian dari luar Kebun Merdesa tidak berhubungan dengan peran pemuda. Data kualitatif menunjukkan bahwa ada faktor-faktor lain yang ternyata memengaruhi peran pemuda, yakni umur peserta, modal sosial, relasi kuasa dengan pengelola Kebun Merdesa, kemampuan interpersonal, dan lama bergabung di Kebun Merdesa.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114864
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover Skripsi R Imam Nuryaman K I34180127.pdf
  Restricted Access
Cover1.98 MBAdobe PDFView/Open
I34180127_R Imam Nuryaman K.pdf
  Restricted Access
Fullteks2.45 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran Skripsi R Imam Nuryaman K I34180127.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.