Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114180
Title: | Pengaruh Ketergunaan Teknologi dan Kemandirian Belajar Terhadap Capaian Pembelajaran Saat Program Belajar dari Rumah di Lingkungan Mahasiswa IPB. |
Authors: | Cahyadi, Eko Ruddy Slamet, Alim Setiawan Puradiredja, Sena Pasha |
Issue Date: | 2022 |
Publisher: | IPB University |
Abstract: | Selama pandemi COVID-19 diterapkan program belajar dari rumah (BDR) secara daring. Peran teknologi menjadi penting karena digunakan sebagai media pembelajaran, dan kemandirian belajar juga berperan penting, karena minimnya kehadiran dosen. Secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh teknologi terhadap kemandirian belajar dan capaian pembelajaran mahasiswa. Responden yang akan diteliti adalah mahasiswa IPB strata sarjana dengan pembagian dua kelompok keilmuan yaitu humaniora dan sains. Analisis hubungan antar variabel menggunakan structural equation model - partial least square. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ketergunaan teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar. Selanjutnya, Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap capaian pembelajaran. Sedangkan variabel ketergunaan teknologi berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap capaian pembelajaran, yang berarti ketergunaan teknologi dapat meningkatkan capaiaan pembelajaran mahasiswa melalui kemandirian belajar. |
URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114180 |
Appears in Collections: | MT - Economic and Management |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover.pdf Restricted Access | Cover | 3.67 MB | Adobe PDF | View/Open |
PRINT SENA 1 (Sena)WM.pdf Restricted Access | Fullteks | 5.72 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.