Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114149
Title: Identifikasi Albunea di Pesisir Utara Jawa (Tegal, Jawa Tengah) sebagai Potensi New Species Berdasarkan Karakter Morfologi dan Marka Gen COI
Other Titles: Identification of Albunea in the North Coast of the Java (Tegal, Central Java) as a potential new species based on morphological characters and COI gene markers.
Authors: Farajallah, Achmad
Mashar, Ali
Romadhon, Muhammad Imany
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Albunea merupakan anggota genus dari Famili Albuneidae, Ordo Decapoda, Subfilum Crustacea. Di wilayah Indo – Pasifik bagian Barat, tercatat 18 spesies dari famili albunidae yang telah dilaporkan. Spesies Albunea yang telah dilaporkan di wilayah pesisir Indonesia adalah Albunea symmysta, Albunea microps dan Albunea holthuisi. Berdasarkan sampling yang dilakukan di Pantai Tegal, ditemukan kepiting pasir anggota Albunidae yang memiliki karakter morfologi yang berbeda dengan jenis Albunea yang telah ditemukan di beberapa wilayah pesisir Indonesia. Perbedaan karakter morfologi tersebut memunculkan potensi sebagai spesies baru dan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kepiting pasir (Albunea) yang berasal dari Pantai Tegal, Jawa Tengah, berdasarkan karakter morfologi dan marka gen COI. Identifikasi morfologi menunjukkan beberapa perbedaan karakter antara Albunea dari Tegal dengan spesies pembanding, terutama pada karakter dactylus pereiopod 4. Berdasarkan marka gen COI genom mitokondria, jarak genetik Albunea dari Tegal memiliki nilai lebih besar dari 3 % dengan beberapa spesies Albunea lainnya. Dengan begitu, sampel Albunea yang ditemukan di Tegal memiliki potensi yang tinggi sebagai new species.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114149
Appears in Collections:UT - Biology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover skripsi.pdf
  Restricted Access
Cover272.03 kBAdobe PDFView/Open
naskah skripsi_Muhammad Imany R_SKL FIX.pdf
  Restricted Access
Fullteks1.36 MBAdobe PDFView/Open
lampiran skripsi.pdf
  Restricted Access
Lampiran465.52 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.