Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114028
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDaryanto, Arief-
dc.contributor.advisorMuhibuddin, Fuad Wahdan-
dc.contributor.authorRusmawan, Bobby Harugia-
dc.date.accessioned2022-08-25T04:15:40Z-
dc.date.available2022-08-25T04:15:40Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114028-
dc.description.abstractIndustri perhotelan sebagai salah satu industri penyokong pariwisata merupakan salah satu industri yang mendapatkan dampak dari peristiwa pandemi covid-19 terutama dari segi okupansi hotel. Kota Bogor meskipun sempat mengalami keterpurukan pada tahun 2020 tetapi Kota Bogor termasuk salah satu kota di Jawa Barat yang dapat mengatasi masalah okupansi hotel dengan cepat. Cara untuk meningkatkan lama okupansi hotel adalah meningkatkan loyalitas pelanggan dan Positive Electronic WoM (eWoM) yang diupayakan melalui peningkatan Customer Relationship Management (CRM) dan Social Media Technologies (SMT). Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh CRM dan SMT terhadap Customer Loyalty dan E-WoM pada industri hotel bintang 4 di Kota Bogor dengan menggunakan metode SEM-PLS. Dari penelitian yang dilakukan terhadap 57 orang responden, didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh signifikan antara SMT terhadap CRM; CRM terhadap Customer Engagement; Customer Engagement terhadap Positive Electronic Positive World of Mouth; dan Customer Engagement terhadap Customer Loyalty. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan Social Media Technologies terhadap Customer Engagement. Implikasi manajerial dari penelitian ini yang bisa diaplikasikan oleh pihak hotel yaitu: mengintensifkan pengelolaan social media dan kanal media online lainnya, memperhatikan service penunjang di hotel dan membuat formulir kesan dan pesan saat konsumen checkout.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Konsumen di Perhotelan Kota Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordCustomer Relationship Managementid
dc.subject.keywordSocial Media Technologiesid
dc.subject.keywordCustomer Engagementid
dc.subject.keywordCustomer Loyaltyid
dc.subject.keywordElectronic World of Mouthid
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pernyataan,Abstrak,Lembar Pengesahan,Prakata, dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover634.94 kBAdobe PDFView/Open
K14170082_Bobby Harugia Rusmawan.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.29 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran741.68 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.