Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/113780
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNindyantoro-
dc.contributor.advisorHidayat, Nia Kurniawati-
dc.contributor.authorRamdani, Feri-
dc.date.accessioned2022-08-18T15:10:48Z-
dc.date.available2022-08-18T15:10:48Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/113780-
dc.description.abstractDesa Temiyangsari merupakan salah satu desa di Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu yang dikenal sebagai penghasil Mangga Cengkir. Selain fluktuasi harga pada panen raya, buah mangga yang mudah rusak ketika melalui saluran pemasaran juga diperhitungkan sehingga memengaruhi harga jual Mangga Cengkir. Semakin panjang saluran pemasaran, maka semakin banyak lembaga pemasaran yang terlibat sehingga semakin banyak lembaga yang menentukan harga. Marjin yang tinggi dapat menyebabkan penerimaan petani Mangga Cengkir rendah sedangkan posisi tawar Petani Mangga Cengkir lemah dalam menentukan harga di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis saluran dan fungsi pemasaran usahatani Mangga Cengkir di Desa Temiyangsari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu, (2) menganalisis struktur, perilaku, dan kinerja pasar Mangga Cengkir di Desa Temiyangsari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat empat lembaga pemasaran yang membentuk lima saluran pemasaran dengan berbagai fungsi pemasaran kecuali fungsi pengolahan, (2) Struktur pasar di setiap lembaga pemasaran adalah oligopsoni terkonsentrasi tinggi, kecuali di tingkat pedagang pengecer luar yang merupakan oligopoli terkonsentrasi tinggi terhadap lembaga pemasaran sebelumnya sehingga berimplikasi pada penentuan harga, keterikatan petani, dan sistem pembayaran. Oleh karena itu, sebagian besar petani menggunakan saluran pemasaran 2 dan 3 dengan marjin terbesar dan farmer’s share terkecil sehingga kinerja pasar belum efisien.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Pemasaran Mangga Cengkir (Mangifera indica l.) di Desa Temiyangsari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayuid
dc.title.alternativeMarketing Analysis of Cengkir Mango (Mangifera indica l.) in Temiyangsari Village, Kroya District, Indramayu Regencyid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordkinerja pasarid
dc.subject.keywordmarjin pemasaranid
dc.subject.keywordperilaku pasarid
dc.subject.keywordsaluran pemasaranid
dc.subject.keywordstruktur pasarid
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Lembar Pernyataan, Abstrak, Lembar Pengesahan, Prakata dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover435.66 kBAdobe PDFView/Open
H44180039_Feri Ramdani.pdf
  Restricted Access
Fullteks968.35 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran456.82 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.