Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/113190
Title: Analisis Sentimen Tanggapan Masyarakat Pengguna Twitter terhadap Pembelajaran Tatap Muka
Other Titles: Sentiment Analysis of Twitter Users’ Opinion Towards Face-to-Face Learning
Authors: Alamudi, Aam
Fitrianto, Anwar
Manaf, Silmi Annisa Rizki
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Awal tahun 2022, pemerintah mengizinkan kembali pembelajaran tatap muka (PTM) setelah menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) kurang lebih satu tahun. Saat akan diberlangsungkan PTM di beberapa wilayah, angka Covid-19 kembali meningkat dan pemerintah kembali memberlakukan PPKM. Hal ini berpengaruh pada kegiatan PTM yang akan dan sedang berlangsung. Pro dan kontra terhadap PTM juga terjadi di media sosial, salah satunya di twitter. Penelitian ini menggunakan data twitter periode 30 Januari 2022 hingga 7 Februari 2022. Opini di twitter mengenai PTM dikaji dengan analisis sentimen menggunakan metode regresi logistik biner dengan membagi menjadi kelas positif dan negatif. Pelabelan berdasarkan skor selisih antara banyaknya kata positif dan negatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kebijakan penerapan PTM di era pandemi Covid-19 di media sosial khususnya twitter. Dari penelitian ini didapatkan persepsi masyarakat cenderung ke arah negatif yang menandakan belum cukup setuju dengan adanya PTM di periode bulan Februari 2022 dengan nilai akurasi 85%, sensitivitas 77%, spesifisitas 88%, dan AUC 91%.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/113190
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER_SKRIPSI_G14180028_SILMI ANNISA RIZKI MANAF.pdf
  Restricted Access
Cover365.84 kBAdobe PDFView/Open
FULL TEXT_SKRIPSI_G14180028_SILMI ANNISA RIZKI MANAF.pdf
  Restricted Access
Full Text2.24 MBAdobe PDFView/Open
LAMPIRAN_SKRIPSI_G14180028_SILMI ANNISA RIZKI MANAF.pdf
  Restricted Access
Lampiran124.4 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.