Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/113155
Title: Hubungan Keberhasilan Program Corporate Social Responsibility PT. Djarum dengan Keberdayaan Penerima Program (Kasus Program Djarum Beasiswa Plus)
Other Titles: The Correlation Between PT. Djarum’s Corporate Social Responsibility Program with The Empowerment of Program Recipients (Case Of Djarum Beasiswa Plus Program)
Authors: Saleh, Amiruddin
Hutomo, Cindy Aurellie
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Sebagai bentuk tanggung jawab sebuah perusahaan kepada masyarakat yang terkena dampak produksi, perusahaan memiliki program yang dinamakan corporate sosial responsibility (CSR) yang bertujuan untuk membangun daerah agar dapat berkelanjutan hingga skala nasional. Melalui observasi lapang, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana keberhasilan program CSR PT. Djarum, keberdayaan penerima program, dan hubungan keberhasilan program dengan keberdayaan penerima program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif didukung kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui survey. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, kepada 35 responden, yang terdaftar sebagai Beswan Djarum Beasiswa Plus. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara terhadap key informant. Data kuantitatif diolah menggunakan Ms. Excel 2016 dan SPSS Statisctic 28, sedangkan data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji korelasi dilakukan antara variabel tingkat keberhasilan program dengan tingkat keberdayaan, menggunakan uji korelasi Rank Spearman untuk mengukur korelasi berskala ordinal-ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan program dan keberdayaan penerima program berada pada kategori tinggi. Kemudian, hubungan antara keberhasilan program dengan keberdayaan penerima program memiliki hubungan yang kuat dan signifikan nyata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keberhasilan program CSR PT. Djarum terbukti memiliki hubungan yang nyata dengan keberdayan penerima program.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/113155
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover .pdf
  Restricted Access
Cover1.44 MBAdobe PDFView/Open
I34180023_Cindy Aurellie Hutomo.pdf
  Restricted Access
Fullteks5.13 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran3.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.