Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/113023
Title: Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat dan Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Akademis Berbasis Telepon Pintar (Studi Kasus Aplikasi IPB Mobile for Student)
Analysis of Factors Affecting Intention and Use Behavior of Smartphone-Based Academic Information Systems (Case Study of IPB Mobile for Student Application)
Authors: Butar, Andreas Butar
Siregar, Edward Halomoan
Issue Date: 2022
Abstract: Pengembangan Sistem Informasi Akademis (SIA) yang berbasis telepon pintar dapat mempermudah mahasiswa dalam mengakses dan mengunggah informasi akademis secara lebih praktis jika dikembangkan dengan baik. Untuk itu, penting bagi perguruan tinggi untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi niat dan perilaku mahasiswanya dalam menggunakan SIA berbasis telepon pintar yang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat dan perilaku mahasiswa program sarjana IPB dalam menggunakan aplikasi IPBM Mobile for Student (IPBM) sebagai SIA berbasis telepon pintar dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Data dari hasil pengisian kuesioner pada penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling dengan pendekatan Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi niat perilaku (behavioral intention) penggunaan aplikasi IPBM adalah ekspektasi kinerja (performance expectancy) dan ekspektasi usaha (effort expectancy). Sedangkan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku penggunaan (use behavior) aplikasi IPBM adalah kondisi yang memfasilitasi (facilitating conditions) dan niat perilaku (behavioral intention). Berdasarkan hasil analisis tersebut, direkomendasikan program-program yang dapat diterapkan pihak IPB untuk dapat meningkatkan niat dan perilaku penggunaan aplikasi IPBM. Program-program tersebut yaitu penambahan fitur Learning Management System, pencegahan serta perbaikan gangguan penggunaan, penambahan panduan penggunaan, penambahan menu Frequently Asked Questions, dan pemberian bantuan kuota internet kepada mahasiswa.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/113023
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Jurnal Andreas Butar Butar (H24180075) & EHS (0322) (1).pdfArtikel251.39 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.