Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112918
Title: Pengendalian Kebakaran Hutan di Kawasan Hutan Blok Pajaten Taman Nasional Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan Jawa Barat
Other Titles: Forest Fire Control in the Pajaten Block Forest Area, Mount Ciremai National Park, Kuningan Regency, West Java.
Authors: Kosmaryandi, Nandi
Syaufina, Lailan
Fajrinidha, Tryananda
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Kebakaran hutan menimbulkan dampak negatif dalam segi ekologis, ekonomi dan sosial. Cara untuk melakukan pengendalian kebakaran hutan adalah dengan mengetahui penyebab kebakaran hutan. Penelitian ini bertujuan mengkaji penyebab kebakaran dan upaya pengendalian kebakaran hutan di Blok Pajaten TNGC. Pengumpulan data menggunakan metode triangulasi data. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kebakaran hutan di Blok Pajaten TNGC disebabkan oleh aktivitas manusia, yaitu kelalaian manusia, pembersihan lahan, pencarian madu dan pembakaran secara sengaja. Upaya pengendalian kebakaran hutan serta sarana dan prasarana pengendalian kebakaran hutan di Blok Pajaten TNGC sudah sesuai standar peraturan yang berlaku. Teknik pemadaman kebakaran yang dilakukan sudah mampu mengatasi kebakaran yang terjadi. Pihak BTNGC melakukan koordinasi dengan instansi-instansi yang terkait dengan bencana. Perlu dilakukan sosialisasi dan penyadarhutanan yang lebih intensif serta pelibatan masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan konflik. Penegakan hukum terhadap oknum yang melanggar perlu dilakukan oleh KLHK (Direktorat Jenderal Penegakan Hukum).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112918
Appears in Collections:UT - Conservation of Forest and Ecotourism

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Lembar Pernyataan, Abstrak, Lembar Pengesahan, Prakata dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover2.03 MBAdobe PDFView/Open
E34180023_Tryananda Fajrinidha.pdf
  Restricted Access
Full text3.21 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.