Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112740
Title: Hubungan Penggunaan Instagram dengan Pengetahuan Gizi, Perilaku Makan, Aktivitas Fisik, dan Status Gizi Mahasiswa IPB
Other Titles: The Correlation between Instagram Use with Nutrition Knowledge, Eating Behavior, Physical Activity, dan Nutritional Status of IPB Student
Authors: Khomsan, Ali
Rachman, Purnawati Hustina
Firdausi, Alya
Issue Date: 22-Jul-2022
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penggunaan media sosial dengan pengetahuan gizi, perilaku makan, aktivitas fisik, dan status gizi. Desain penelitian ini yaitu cross sectional yang terdiri dari 48 subjek gizi dan 48 subjek non-gizi yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan self-administrated secara online. Durasi penggunaan media sosial kedua kelompok subjek termasuk dalam kategori light user (63,5%) dengan frekuensi akses informasi sebanyak ≤3 kali per minggu (78,1%). Pengetahuan gizi kedua kelompok subjek dalam kategori baik (99%). Keragaman pangan subjek gizi termasuk dalam kategori tinggi (66,7%), sedangkan subjek non-gizi termasuk dalam kategori sedang (43,8%). Aktivitas fisik kedua kelompok subjek termasuk ke dalam kategori ringan (81,3%). Status gizi kedua kelompok subjek termasuk dalam kategori normal (66,7%). Terdapat perbedaan yang nyata pada pengetahuan gizi dan keragaman pangan antara kedua kelompok subjek (p=0,00 dan p=0,012). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Instagram secara bijak dan cermat memiliki manfaat yang positif terhadap beberapa variabel yang diteliti
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112740
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover340.24 kBAdobe PDFView/Open
I14180069_Alya Firdausi.pdf
  Restricted Access
Fullteks876.65 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran306.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.