Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112397
Title: Perancangan Model Bisnis UMKM Minuman Serbuk Jahe “Anggrek”
Authors: Hartoyo, Hartoyo
Fadillah, Achmad
Wahidin, Apid
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan serta tren back to nature yang terjadi menyebabkan konsumsi terhadap produk yang menggunakan bahan baku alami meningkat. Minuman serbuk jahe “Anggrek” adalah sebuah usaha mikro yang bergerak dalam bidang pengolahan pertanian khususnya pengolahan jahe. Omset penjualan minuman serbuk jahe “Anggrek” pada tahun 2018 mengalami penurunan karena faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis yang dijalankan saat ini, kondisi lingkungan internal dan eksternal usaha, merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan kemudian merumuskan model bisnis baru berdasarkan strategi yang terverifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan alat analisis Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, SWOT dan model bisnis kanvas. Ada lima alternatif strategi yang dihasilkan berdasarkan Matriks SWOT yang selanjutnya akan diverifikasi pada masing-masing elemen model bisnis kanvas. Hasil yang didapatkan terjadi penambahan pada tujuh elemen model bisnis kanvas dengan fokus melakukan penetrasi pasar serta pengembangan produk, meningkatkan kerjasama dengan pemerintah dan swasta untuk pengembangan bisnis, dan memperbanyak pemasok bahan baku untuk menjaga ketersediaan bahan baku.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112397
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pernyataan,Abstrak,Lembar Pengesahan,Prakata, dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover731.16 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran882.86 kBAdobe PDFView/Open
K14150069_Apid Wahidin.pdf
  Restricted Access
Fulltext7.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.