Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112215
Title: Rancang Bangun Sistem Deteksi Dan Notifikasi Status Kemiringan Kapal Ro-Ro Berbasis fuzzy Inference system
Other Titles: Design and Build a Ro-Ro Vessel Tilt Status Detection and Notification System Based on Fuzzy Inference System
Authors: Wahjuni, Sri
Jaya, Indra
Febriansyah, Mochammad Jafar Tri
Issue Date: 29-Jun-2022
Publisher: IPB University
Abstract: Stabilitas kapal sangatlah penting untuk keamanan dari gerak kapal. Ada banyak faktor yang mempengaruhi stabilitas dari sebuah kapal. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan pada kapal adalah masalah stabilitas kapal, diantaranya kapal tidak dapat dikendalikan dan kehilangan keseimbangan karena penempatan beban muatan yang kurang tepat. Saat ini kapal-kapal yang berada di Pelabuhan Lembar – Padang Bai, sebanyak 35 unit, masih banyak yang menggunakan sistem deteksi stabilitas kemiringan kapal secara manual, dimana pengukuran kemiringan kapal dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama Clinometer. Metode FIS Sugeno sangat cocok digunakan dalam pembangunan sistem nonlinear pendeteksi kemiringan kapal dan notifikasi status kemiringan kapal, karena memiliki keunggulan dalam hal waktu komputasi yang lebih efisien terutama dalam hal sistem dinamis nonlinear serta lebih adaptif dalam hal optimasi Penelitian ini menggabungkan sensor gyroscope, accelerometer, kompas dan GPS, sehingga diperoleh informasi kemiringan kapal yang lebih akurat melalui aplikasi smartphone Android. Penelitian ini menggunakan metode fuzzy inference system (FIS) dengan fungsi keanggotaan trapesium dimana terdapat 2 input dan 1 output. Input kemiringan kapal menggunakan 3 variabel linguistik sangat miring, miring dan stabil. Input durasi kemiringan menggunakan 5 variabel lingustik sangat cepat, cepat, cukup cepat, lambat, dan sangat lambat. Output status kapal dibagi menjadi 3 variabel linguistik aman, waspada dan berbahaya. Pengujian dan implementasi dengan input kemiringan 4,8 dan durasi kemiringan 10 detik dengan menggunakan metode fuzzy Sugeno, diperoleh nilai crips status kapal 0,65 dengan status waspada. Perhitungan akurasi error sensor gyroscope dengan metode MAPE, didapatkan hasil persentase error 6,55% (sangat baik). Error akurasi sistem dari 39 kali percobaan (36 benar dan 3 salah) sebesar 92,30% (sangat baik). Penelitian ini diharapkan dapat membantu nakhoda dalam memantau kestabilan kapal dan dapat memberikan notifikasi status kapal kepada nakhoda kapal, jika terdapat kondisi kapal yang perlu diwaspadai. Selain itu, notifikasi tersebut juga akan diterima oleh petugas Pelabuhan di darat. Adanya sistem yang dapat menampilkan kemiringan kapal secara realtime, diharapkan dapat menggantikan clinometer kemiringan kapal yang masih bekerja secara konvensional.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112215
Appears in Collections:MT - Mathematics and Natural Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Abstrak.pdf
  Restricted Access
Abstak158.62 kBAdobe PDFView/Open
Bab 1.pdf
  Restricted Access
Bab 1262.42 kBAdobe PDFView/Open
Bab 2.pdf
  Restricted Access
Bab 2898.1 kBAdobe PDFView/Open
Bab 3.pdf
  Restricted Access
Bab 3256.13 kBAdobe PDFView/Open
Bab 4.pdf
  Restricted Access
Bab 41.43 MBAdobe PDFView/Open
Bab 5.pdf
  Restricted Access
Bab 57.66 kBAdobe PDFView/Open
Draft Tesis_Mochammad Jafar Tri F_G651180271_-signed (1).pdf
  Restricted Access
Full Text2.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.