Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112068
Title: Analisis Strategi Usaha Kedai Kopi menggunakan Business Model Canvass dan 360o Business Model Innovation
Authors: Syarief, Rizal
Novianti, Tanti
Supriyadi
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Di Indonesia terdapat tiga sektor ekonomi kreatif yang sedang populer, yaitu sektor busana/Fashion, kuliner dan kerajinan tangan. Dengan semakin canggihnya perkembangan internet dan system penunjang lain seperti jasa kurir dan logistik ketiga sektor ini pun semakin berkembang terutama dari segi pemasaran dan distribusi baik untuk bahan baku mentah atau produk jadi. Saat ini yang menjadi tren bisnis dikalangan anak muda di Indonesia salah satunya adalah usaha kedai kopi atau coffee shop. Fenomena menarik dari berkembangnya bisnis kuliner minuman berbasis kopi ini adalah meningkatnya konsumsi kopi dan menjadikan kopi sebuah minuman yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tempat penelitian berada di sebuah kedai kopi bernama Kotaku yang resmi dibuka pada tanggal 23 September 2017. Kopi Kotaku berlokasi di Jalan Wijaya I, No.73 Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Japanese Style Concept menjadi tema yang diusung oleh para pendiri kedai kopi Kotaku dikarenakan konsep ini belum banyak ditemui di sekitar lokasi kedai Kopi Kotaku. Japanese Style Concept dapat terlihat dengan penggunaan alat makan yang minimalis dengan warna interior yang halus dengan desain layout khas Jepang. Konsep seperti ini juga sangat cocok diterapkan pada kedai kopi yang memiliki lahan yang tidak begitu luas. Kondisi keuangan dari usaha kedai kopi kotaku setelah satu tahun berjalan tidak memuaskan, keuntungan dari hasil penjualan hanya mencapai titik impas saja atau dengan kata lain laba yang dihasilkan habis untuk menutupi biaya operasional. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisa strategi bisnis kedai kopi Kotaku menggunakan Business Model Canvas; (2) Mendesain Business Model Canvas yang baru yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing Kedai Kopi Kotaku; (3) Menganalisa inovasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan kedai Kopi Kotaku dengan pendekatan 360o Business Model Innovation. Melalui penelitian ini telah dianalisa strategi dari usaha kedai kopi Kotaku menggunakan Business Model Canvas dan berbasis inovasi yang dikembangkan dengan melihat nilai-tambah produk menggunakan 3600 Business Model Innovation. Dengan menggunakan analisis SWOT didapatkan strategi bisnis kedai kopi Kotaku saat ini berada di kuadran 2 yang merekomendasikan strategi diversifikatif yaitu pengembangan produk baru dan mempertahankan ciri khas kedai kopi dengan konsep Japanese Style. Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi khalayak umum dalam memulai usaha kedai kopi pada umumnya dan dikhususkan untuk para manajer, seluruh pengambil keputusan dan atau pemilik dari kedai Kopi Kotaku.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112068
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
abstrak.pdf
  Restricted Access
Abstrak337.96 kBAdobe PDFView/Open
dokumen utuh.pdf
  Restricted Access
Artikel utama2.55 MBAdobe PDFView/Open
pendahuluan.pdf
  Restricted Access
Pendahuluan457.22 kBAdobe PDFView/Open
tinjauan pustaka.pdf
  Restricted Access
Tinjauan pustaka21.36 MBAdobe PDFView/Open
metode penelitian.pdf
  Restricted Access
Metode Penelitian343.55 kBAdobe PDFView/Open
hasil dan pembahasan.pdf
  Restricted Access
Hasil dan pembahasan2.88 MBAdobe PDFView/Open
simpulan dan saran.pdf
  Restricted Access
Simpulan dan saran352.56 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.