Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112009
Title: | Tingkat Literasi dan Faktor-faktor yang Memengaruhi Literasi Wakaf Uang (Studi Kasus Generasi Z di Kota Bogor) |
Authors: | Lubis, Deni Hasanah, Qoriatul A.A. Khujazi |
Issue Date: | 2022 |
Publisher: | IPB University |
Abstract: | Hasil Literatur Survei Nasional Literasi Keuangan Syariah (SNLIK) tahun 2016 menunjukkan tingkat literasi keuangan syariah masyarakat Jawa Barat sebesar 4,7 persen. Hal ini mengindikasikan pengetahuan masyarakat tentang Lembaga Keuangan Sosial Syariah termasuk wakaf masih rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat literasi wakaf uang dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi tingkat literasi masyarakat Muslim generasi Z di Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2021 berlokasi di Kota Bogor, lokasi penelitian dipilih dengan cara purposive. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sebanyak 100 sampel. Hasil tingkat literasi wakaf uang masyarakat Muslim generasi Z Kota Bogor sebanyak 60% tergolong dalam tingkat literasi rendah, 37% tergolong dalam tingkat literasi sedang, dan 3% tergolong dalam tingkat literasi tinggi. Hasil uji regresi logistik diperoleh bahwa pendapatan, tingkat pendidikan, dan akses media informasi berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi wakaf uang (p<0,05). Sementara variabel pengetahuan agama, keterlibatan organisasi, dan kepatuhan beragama tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi wakaf uang (p>0,05). |
URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112009 |
Appears in Collections: | UT - Syariah Economic |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover.pdf Restricted Access | Cover | 525.52 kB | Adobe PDF | View/Open |
H54170028_A.A. Khujazi..pdf Restricted Access | Fullteks | 2.47 MB | Adobe PDF | View/Open |
Lampiran.pdf Restricted Access | Lampiran | 362.95 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.