Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111738
Title: Perbaikan Proses Bisnis PT. SGP dengan Metode Model-based and Integrated Process Improvement (MIPI)
Authors: Jahroh, Siti
Djohar, Setiadi
Iqbal, Muhamad
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Proses bisnis harus terus berkembang dengan metode yang tepat dan sesuai. PT. SGP memiliki banyak proses yang sangat rumit dan beragam. Hal tersebut membuat output dari layanan menjadi sangat beragam dalam hal kualitas dan ketepatan waktu. Klien yang menggunakan layanan dari PT. SGP mempunyai banyak keluhan. PT. SGP melihat bahwa mereka harus melakukan perbaikan untuk mendapatkan proses yang lebih baik sehingga dapat menghasilkan kualitas jasa yang lebih baik dan mengurangi keluhan klien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab utama terjadinya keluhan pelanggan, menganalisis kriteria-kriteria yang dibutuhkan untuk meningkatkan proses bisnis, dan membuat perbaikan proses bisnis dengan menggunakan metode Model-based and Integrated Process Improvement (MIPI). Pada penelitian ini, metode ini dilakukan hingga langkah keempat, yang merupakan langkah proses mendesain ulang. Hasil penelitian didapat setelah metode MIPI dilakukan secara bertahap dan sistematis pada penelitian ini. Pada langkah pertama, pemindaian dilakukan pada kondisi perusahaan saat ini. Kondisi perusahaan saat ini digambarkan oleh visi dan misi perusahaan, struktur organisasi, pangsa pasar klien, dan data keluhan atau kesalahan klien dengan diagram pareto. Pada langkah kedua, semua proses bisnis perusahaan saat ini dimodelkan. Pemodelan proses bisnis dilakukan dengan menggunakan diagram alir. Pada langkah ketiga, semua proses divalidasi dengan semua orang yang bertanggung jawab dengan proses tersebut. Setelah itu, proses dianalisis dengan alat analisis nilai tambah. Terakhir, tim peningkatan proses dibentuk untuk bertanggung jawab dengan mendesain ulang proses baru dengan peningkatan dari hasil analisis lainnya. Diagram Fishbone digunakan untuk menganalisis dan menentukan fokus masalah yang sedang dipecahkan. Setelah metode MIPI dilakukan hingga tahap keempat pada penelitian ini, maka didapat bahwa masalah utama yang membuat PT. SGP mendapat banyak keluhan adalah kesalahan pada gambar/detail. Selanjutnya, penelitian ini menemukan masalah-masalah yang menyebabkan masalah utama di PT. SGP. Kriteria-kriteria yang dibutuhkan untuk meningkatkan proses bisnis dapat dilihat dari hasil analisis menggunakan value added analysis dan diagram fishbone. Beberapa aktivitas pada proses saat ini juga ditemukan bahwa mereka tidak memberikan nilai tambah. Penelitian ini menghasilkan proses baru yang sudah diperbaiki dan ditingkatkan dengan menerapkan hasil analisis sesuai dengan metode MIPI.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111738
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pernyataan,Abstrak,Lembar Pengesahan,Prakata, dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover636.58 kBAdobe PDFView/Open
K15161097_Muhamad Iqbal.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.