Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111721
Title: Analisis Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Konsumen Pengguna Aplikasi ECommerce Pertanian
Authors: Najib, Mukhamad
Kirbrandoko
Nusifera, Alfa Nursyamiza
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: E-Commerce pertanian dengan model bisnis retail memiliki tantangan besar untuk menjadi alternatif distribusi penjualan dari produk pertanian. Kepuasan dan loyalitas konsumen dapat menjadi strategi bagi perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik pengguna aplikasi e-commerce pertanian dan variabel yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hal itu dilakukan dengan survei di wilayah Jabodetabek, Indonesia. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner dengan metode convenience sampling kepada 170 responden. Mayoritas responden adalah wanita dengan rentang usia 20-30 tahun. Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas informasi, desain, respon, keamanan, pengiriman pada kepuasan, dan kepuasan dengan loyalitas. Di sisi lain, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan, pembayaran, layanan pengguna, dan kepuasan. Perusahaan dapat membuat program loyalitas untuk meningkatkan retensi pembelian produk di perdagangan elektronik pertanian.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111721
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Alfa Nursyamiza Nusifera Full Tesis.pdf
  Restricted Access
954.7 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover353.75 kBAdobe PDFView/Open
Alfa Nursyamiza Nusifera Full Tesis.pdf
  Restricted Access
Fullteks6.84 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran300.58 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.