Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111673
Title: Analisis Strategi Pemasaran PT. ERP Sebagai Pelaku Ritel Smartphone Modern
Authors: Suroso, Arif Imam
Ratono, Joko
Aqmarina, Izzati
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Dalam lima tahun terakhir, penjualan smartphone meningkat rata-rata 2% per tahun. Peningkatan ini didukung oleh era globalisasi dan teknologi yang menjadikan smartphone menjadi salah satu kebutuhan saat ini. Pada tingkat persaingan antar pemain ritel modern yang sangat kompetitif, secara langsung menyebabkan PT ERP harus melakukan strategi untuk meningkatkan penjualannya. PT ERP sebagai salah satu pelaku ritel perlu mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam persaingan dengan kompetitor serta perlu mengenali peluang dan ancaman yang ada di pasar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis pangsa pasar penjualan PT ERP dan tingkat pertumbuhan volume penjualan (2) menganalisis kekuatan dan kelemahan internal pt. ERP serta peluang dan ancaman bagi PT ERP (3) merumuskan dan strategi pemasaran yang efektif untuk PT ERP untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan diskusi kelompok terbimbing, wawancara mendalam dan menggunakan analisis matriks BCG serta analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi SO yang dapat diterapkan adalah PT ERP harus fokus pada penguatan materi pemasaran terkait keresmian produk, serta gencar melakukan promo tukar tambah untuk outlet yang berada di Mall. Strategi WO yang dapat diterapkan adalah kerjasama dengan brand terkait pelatihan penjualan, memperluas jangkauan harga melalui saluran penjualan online, dan menggunakan aplikasi penjadwalan promosi untuk promosi sosial media. Strategi ST adalah membuka gerai di luar Mall, memberikan info kepada konsumen terkait legalitas barang yang dijual, serta memberikan harga tinggi untuk program tukar tambah. Strategi WT yang dapat dilakukan adalah strategi penguatan harga dan pelaksanaan promosi terjadwal.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111673
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pernyataan,Abstrak,Lembar Pengesahan,Prakata, dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover521.16 kBAdobe PDFView/Open
K15181303_Izzati Aqmarina.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.