Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111606
Title: Pengembangan Konsep Adaptive Ecotourism Berdasarkan Keberterimaan Para Pihak ( Studi Kasus: Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango)
Other Titles: Development Strategy of Adaptive Ecotourism Based on the Acceptance of Many Parties (Case study: Gunung Gede-Pangrango National Park)
Authors: Soekmadi, Rinekso
Sumarwan, Ujang
Syarif, Nawaz
Issue Date: 19-Apr-2022
Publisher: IPB University
Abstract: Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada jumlah kunjungan wisatawan dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan wisata yang dapat beradaptasi dengan kondisi terkini melalui konsep Adaptive Ecotourism. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan ekowisata adaptif di TNGGP pada masa (pasca) pandemi COVID-19. Data dikumpulkan melalui Focus Group Discussion dan wawancara kepada para pihak model pentahelix, serta kuesioner yang diajukan kepada potential demand. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis korelasi, dan analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberterimaan para pihak memberikan respon positif, termasuk dukungan serta persepsi dan preferensi potential demand dapat dikatakan baik. Strategi pengembangan ekowisata adaptif dapat diterapkan melalui perjanjian kerja sama dengan pihak lain dalam penyediaan sarana prasarana, koordinasi dengan para pihak mengenai perencanaan dan promosi, penyiapan objek wisata di kawasan sebagai objek visit/ekstensi dari objek atau destinasi lain.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111606
Appears in Collections:UT - Conservation of Forest and Ecotourism

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover668.63 kBAdobe PDFView/Open
Nawaz Syarif-Skripsi.pdf
  Restricted Access
Fullteks1.15 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran799.4 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.