Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111427
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSitorus, Santun R. P.-
dc.contributor.advisorMachfud-
dc.contributor.advisorPoerwo, I.F. Poernomosidhi-
dc.contributor.authorIman, Moh. Nurul-
dc.date.accessioned2022-03-23T13:34:39Z-
dc.date.available2022-03-23T13:34:39Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111427-
dc.description.abstractTransportasi berbasis jalan merupakan tulang punggung transportasi untuk mengelola permintaan perjalanan orang di kawasan Kota Bogor yang terus meningkat. Namun angkutan umum yang ada di Kota Bogor menunjukkan kinerja pelayanan yang masih buruk. Bahkan sistem angkutan umum massal (SAUM) dengan Bus Rapid Transit (BRT) juga masih belum memadai bahkan tidak beroperasi dalam jangka waktu yang lama. Kondisi angkutan umum penumpang tersebut menjadi kurang menarik bagi para pengguna kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) karena tidak memberikan tipe pelayanan sesuai yang mereka inginkan. Lebih lanjut kondisi tersebut menimbulkan dampak negatif kerugian secara ekonomi dan mengancam keberlanjutan angkutan umum tersebut. Kondisi tersebut memerlukan upaya tepat dan holistik dan memerluan kajian untuk membantu menentukan kebijakan secara tepat. Penelitian tentang model pelayanan angkutan umum penumpang berbasis jalan yang berkelanjutan di kawasan Kota Bogor pada Trayek 01A dan 03 ini dilakukan dengan tujuan umum merumuskan strategi kebijakan yang tepat guna memperbaiki kinerja pelayanan angkutan umum, meningkatkan efisiensi ekonomi dan lebih berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan tujuan khusus yang harus dicapai yaitu : 1) menganalisis kondisi saat ini kinerja pelayanan dan efisiensi ekonomi angkutan umum penumpang sebagai bahan pertimbangan dalam perbaikan pelayanan angkutan umum penumpang, 2) menganalisis keberlanjutan untuk menentukan faktor yang memerlukan penanganan agar angkutan umum penumpang menjadi lebih berkelanjutan, 3) merancang model untuk analisis dalam membantu menentukan strategi kebijakan guna memperbaiki kinerja pelayanan, efisiensi ekonomi, dan keberlanjutan angkutan umum penumpang tersebut, dan 4) merumuskan strategi kebijakan pelayanan angkutan umum penumpang berbasis jalan di kawasan Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan beberapa metode, yaitu metode deskriptif berdasarkan hasil analisis data lapangan sedangkan data sekunder digunakan untuk analisis kondisi saat ini, kinerja pelayanan dan efisiensi ekonomi. Pendekatan multidimensional scalling (MDS) menggunakan Rap-rbptrans (Rapid Appraisal of Road Based - Public Transportation) modifikasi dari Rapfish sebagai analisis status keberlanjutan sumberdaya yang dikembangkan oleh Fisheries Centre, UBC-Canada digunakan untuk menganalisis keberlanjutan angkutan umum penumpang. Model simulasi system dynamic digunakan untuk membantu merumuskan strategi kebijakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja pelayanan angkutan umum penumpang pada jaringan Trayek 03 dan 01A kondisi existing umumnya masih belum memenuhi standar operasi, dan terdapat indikator-indikator yang masih belum memenuhi standar pelayanan. Secara ekonomi terdapat kerugian (inefisiensi) pelayanan jasa angkutan umum penumpang tersebut yaitu nilai waktu perjalanan sebesar Rp. 40.475,26 per kendaraan per hari untuk Trayek 03 dan Rp. 3.656,19 per kendaraan per hari untuk Trayek 01A, serta biaya operasi kendaraan sebesar Rp. 100.553,55 per kendaraan per hari untuk Trayek 03 dan Rp. 14,034.47 per kendaraan per hari untuk Trayek 01A. Kerugian ekonomi ini akibat masih lamanya waktu perjalanan angkutan umum penumpang tersebut. Kecepatan perjalanan yang lambat berdampak pada tingginya biaya operasi kendaraan dan nilai waktu perjalanan angkutan umum penumpang. Tingkat keberlanjutan angkutan umum penumpang pada umumnya tergolong kecil berkisar dari tidak berkelanjutan sampai cukup berkelanjutan sehingga belum dapat dikategorikan berkelanjutan. Terdapat 15 atribut sensitif (leverage attributes) terdiri dari 4 pada dimensi ekonomi, 2 pada dimensi sosial, 4 pada dimensi lingkungan dan 5 pada dimensi kinerja pelayanan. Simulasi dan analisis dilakukan untuk tiga skenario yaitu pelayanan angkutan umum dengan mobil bus kecil kategori-1 (skenario-1), mobil bus kecil kategori-2 (skenario-2), dan mobil bus sedang (skenario-3). Hasil simulasi dan analisis bahwa perbaikan-perbaikan pelayanan jasa angkutan umum dengan tiga skenario menggunakan Bus Rapid Transit (BRT) dapat memberikan output yang lebih baik dibanding dengan tidak melakukan perbaikan (kondisi existing). Analisis terhadap output model dilakukan terhadap indikator-indikator: peningkatan pendapatan operasi, tingkat keuntungan operasi, pengurangan kemacetan lalu lintas, penghematan nilai waktu perjalanan, kontribusi sektor angkutan jalan terhadap PDRB, tingkat konsumsi energi kendaraan bermotor, dan dampak emisi kendaraan bermotor. Hasil analisis bahwa skenario-3 pelayanan angkutan umum dengan menggunakan bus sedang mempunyai skor tertinggi baik pada Trayek 03 maupun Trayek 01A. Oleh karena itu skenario-3 pelayanan angkutan umum menggunakan jenis bus sedang berikut spesifikasinya merupakan skenario yang dipandang paling baik dibanding skenario lainnya untuk Trayek 03 maupun Trayek 01A. Adapun skenario-2 yaitu pelayanan dengan menggunakan bus kecil (kategori-2) sebagai skenario terbaik kedua, dan skenario-1 yaitu pelayanan menggunakan bus kecil (kategori-1) sebagai skenario terbaik ketiga. Hasil analisis merupakan strategi kebijakan agar pelayanan angkutan umum pada jaringan trayek utama Trayek 03 dan Trayek 01A menjadi lebih berkelanjutan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleModel Pelayanan Angkutan Umum Penumpang Berbasis Jalan yang Berkelanjutan di Kawasan Perkotaan (Studi Kasus di Kota Bogor).id
dc.typeDissertationid
dc.subject.keywordPublic transportation serviceid
dc.subject.keywordroad basedid
dc.subject.keywordsustainabilityid
dc.subject.keywordurban public transportationid
Appears in Collections:DT - Multidiciplinary Program

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover3.94 MBAdobe PDFView/Open
P062140351_Moh. Nurul Iman.pdf
  Restricted Access
Fullteks37.46 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.