Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111344
Title: Evaluasi Pengalaman Pengguna dari In-Game Reward Berdasarkan Aktivitas Fisik pada Video Game untuk Mendorong Perilaku Hidup Sehat
Authors: Asfarian, Auzi
Khalidi, Muhammad Alfin
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: WHO menyatakan obesitas sebagai epidemi pada abad ke-21 setelah kondisi tersebut mulai mencapai proporsi global pada tahun 2004. Solusi untuk mengurangi obesitas salah satunya yaitu beraktivitas fisik minimal 150 menit selama seminggu bagi orang dewasa. Pada penelitian ini diteliti pola aktivitas pemain gim saat bermain serta kesan pemain pada gim tersebut. Fitur hadiah aktivitas fisik dapat digunakan sebagai fitur yang memberi hadiah kepada pemain setelah melakukan aktivitas fisik. Game Experience Questionnaire (GEQ) digunakan sebagai metode Game Experience. Pilot Testing dilakukan untuk menguji konsep Logging Period. Diary Studies digunakan pada Logging Period untuk mendapatkan data pencatatan harian. Kuesioner GEQ diisi oleh seluruh partisipan pada tahapan Post-Study Review. Fitur aktivitas fisik bermanfaat dan cukup baik untuk mendorong pemain melakukan aktivitas fisik. Partisipan berpendapat bahwa gim yang spesifik dimainkan saat penelitian kurang menarik. Hasil penelitian menyebutkan bahwa partisipan tetap beraktivitas sehari-hari seperti biasa selama penelitian.
WHO declared obesity as an epidemic in the 21st century after the condition began to reach global proportions in 2004. One solution to reducing obesity is physical activity at least 150 minutes a week for adults. This research examined the patterns of players’ physical activity and the players’ impressions of the game. Physical activity reward feature can be used as a feature where players will be rewarded after doing physical activity. GEQ is used as a game experience method. Pilot Testing method used for examines the Logging Period concept. Diary Studies used during Logging Period for collecting daily data. In Post-Study Review stage, all participants filled out GEQ. Physical activity feature is useful and good enough to encourage players to do physical activity. Participants thought that the specific games played during the study were less interesting. The results of the study stated that participants continued to carry out their daily activities as usual during the study.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111344
Appears in Collections:UT - Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Draf Skripsi Final M Alfin Khalidi_G64170112_Fulltext.pdf
  Restricted Access
Full Text2.91 MBAdobe PDFView/Open
Draf Skripsi Final M Alfin Khalidi_G64170112_Abstrak.pdf
  Restricted Access
Abstrak2.22 MBAdobe PDFView/Open
Draf Skripsi Final M Alfin Khalidi_G64170112_Bab 1.pdf
  Restricted Access
Bab 1 Pendahuluan2.22 MBAdobe PDFView/Open
Draf Skripsi Final M Alfin Khalidi_G64170112_Bab 2.pdf
  Restricted Access
Bab 2 Tinjauan Pustaka2.25 MBAdobe PDFView/Open
Draf Skripsi Final M Alfin Khalidi_G64170112_Bab 3.pdf
  Restricted Access
Bab 3 Metode2.34 MBAdobe PDFView/Open
Draf Skripsi Final M Alfin Khalidi_G64170112_Bab 4.pdf
  Restricted Access
Bab 4 Hasil dan Pembahasan2.71 MBAdobe PDFView/Open
Draf Skripsi Final M Alfin Khalidi_G64170112_Bab 5.pdf
  Restricted Access
Bab 5 Simpulan dan Saran2.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.