Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111158
Title: Strategi Pengembangan Usaha Keripik Cek Sam Pada Era New Normal Dengan Pendekatan Business Model Canvas
KERIPIK CEK SAM BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY IN THE NEW NORMAL ERA WITH A BUSINESS MODEL CANVAS APPROACH
Authors: Ayuby, Muhammad Rizal
Fewidarto, Pramono Djoko
Issue Date: Dec-2021
Abstract: Usaha Keripik Cek Sam merupakan industri pengolahan keripik bidang pertanian di Saree, Aceh Besar. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan pendapatan usaha, perubahan perilaku konsumen dan kebijakan protokol kesehatan sehingga membuat kegiatan operasional usaha Keripik Cek Sam berubah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi profil usaha dan memetakan usaha Keripik Cek Sam ke dalam Business Model Canvas (BMC). (2) Menganalisis potensi dan prospek pengembangan usaha Keripik Cek Sam pada era new normal. (3) Menyusun strategi pengembangan usaha Keripik Cek Sam dalam bentuk BMC. Metode yang digunakan adalah metode BMC. Hasil strategi pengembangan usaha Keripik Cek Sam dalam bentuk BMC menunjukkan bahwa adanya proposisi nilai baru untuk meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan yaitu jaminan kualitas dan kehalalan, jaminan higienis dan sanitasi, inovasi produk yang menyehatkan, dan penggunaan layanan online sebagai saluran baru. Hal tersebut mempengaruhi aktivitas kunci dan sumber daya utama pada usaha Keripik Cek Sam. Selain itu, usaha perlu menjalin kemitraan dengan petani, jasa ekspedisi, dan marketplace untuk memperluas segmentasi pelanggan. Penerapan strategi pengembangan yang baru pada usaha Keripik Cek Sam dapat meningkatkan biaya investasi sebesar Rp63.439.000 dan biaya operasional sebesar Rp1.394.817.300 per tahun, serta meningkatkan pendapatan sebesar Rp2.705.192.000.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111158
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
JURNAL-MUHAMMAD RIZAL AYUBY.pdfFullteks871.07 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.