Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/110933
Title: Analisis Keputusan Pembelian Produk Dessert Box Bittersweet by Najla
Authors: Maarif, M. Syamsul
Suprehatin, Suprehatin
Kusmiati, Reni
Issue Date: 2022
Publisher: IPB University
Abstract: Perkembangan sektor bisnis makanan dan minuman memiliki peluang yang besar di Indonesia. Bittersweet by Najla adalah pelopor dessert box pertama dan sangat terkenal di Indonesia. kemampuan Bittersweeet by Najla mampu melihat peluang bisnis ini sehingga membawa bisnis dessert box menjadi terkenal dan diminati oleh konsumen. Penjualan online Bittersweet by Najla meningkat karena momentum wabah Covid-19, sehingga Bittersweet by Najla sangat diuntungkan di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk dessert box melalui brand image. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi citra merek adalah bauran pemasaran dan electronic word of mouth (EWOM). Penelitian dilakukan pada 375 responden yang dipilih secara volunteer sampling, dengan kriteria berusia di atas 17 tahun, berdomisili di Jabodetabek dan telah melakukan pembelian produk minimal satu kali selama enam bulan terakhir melalui aplikasi belanja online. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan SEM-PLS menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas dari 375 responden yang diteliti adalah perempuan sebesar 57,07 persen, didominasi oleh usia 20 sampai 30 tahun (generasi Y) sebesar 76,80 persen. Tingkat pendidikan responden sebagian besar adalah strata satu sebesar 78,40 persen, sedangkan pada pekerjaan pekerjaan yang mendominasi adalah 60,53 persen pegawai swasta. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh terhadap brand image dan keputusan pembelian. EWOM juga mempengaruhi brand image dan keputusan pembelian. Selain itu, citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Implikasi manajerial yang dapat diterapkan adalah dengan menerapkan strategi STP yang memudahkan konsumen milenial untuk memperoleh produk dan meningkatkan pelayanan untuk semua aplikasi belanja online dengan melakukan promosi sesuai momentum. Implementasi strategi bauran pemasaran 4C, meningkatkan peran EWOM dan meningkatkan fungsi brand image
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/110933
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pernyataan,Abstrak,Lembar Pengesahan,Prakata, dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover626.74 kBAdobe PDFView/Open
K15191073_Reni Kusmiati.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.19 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran690.43 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.