Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/110250
Title: Formulasi Strategi dalam Peningkatan Daya Saing pada PT XYZ
Authors: Indrawan, Raden Dikky
Saptono, Imam Teguh
Natasha, Nabila
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Asuransi berperan dalam meminimalkan risiko yang dapat terjadi di kemudian hari. PT XYZ adalah perusahaan asuransi umum yang memiliki pendapatan yang menurun dan pangsa pasar yang kurang dari satu persen dalam lima tahun terakhir. Penurunan pendapatan PT XYZ juga dipengaruhi oleh ketidakstabilan ekonomi pada masa pandemi COVID-19. Maka untuk mengatasi hal tersebut, PT XYZ perlu merumuskan strategi yang tepat untuk bertahan dan terus tumbuh serta memiliki keunggulan kompetitif di industri asuransi umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lingkungan eksternal dan internal; merumuskan strategi alternatif; juga menentukan prioritas strategi dan implikasi manajerial dalam meningkatkan daya saing pada PT XYZ. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari studi literatur, publikasi dan jurnal ilmiah. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tinjauan masa depan, analisis porter's five forces, analisis PEST, analisis internal, analisis VRIO, matriks EFE dan IFE, Matriks IE (Internal Eksternal), dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan posisi perusahaan berada pada sel V yaitu kondisi hold and maintain, dengan strategi yang direkomendasikan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil analisis faktor eksternal menunjukkan bahwa peluang bagi PT XYZ adalah pemasaran berbasis big data dan ancaman bagi PT XYZ adalah persiapan penerapan IFRS 17. Hasil analisis faktor internal menunjukkan bahwa kekuatan PT XYZ adalah memiliki aplikasi mobile dan kelemahan PT XYZ adalah pengelolaan SDM yang belum optimal. Perumusan strategi alternatif disesuaikan dengan kebutuhan dua unit bisnis dan didasarkan pada rekomendasi strategi yang dihasilkan dari hasil analisis matriks IE yakni strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk. Alternatif strategi yang dapat dikembangkan pada unit bisnis ritel adalah (1) meningkatkan promosi, (2) memperluas saluran distribusi, (3) mengembangkan produk baru sesuai dengan kebutuhan konsumen, (4) menambah fitur pada aplikasi mobile. Pada unit bisnis korporasi, strategi alternatif yang dapat dikembangkan adalah (1) meningkatkan pelatihan SDM, (2) merekrut karyawan baru, (3) pengembangan produk baru. Strategi prioritas PT XYZ adalah meningkatkan promosi pada unit bisnis ritel dan mengembangkan produk baru pada unit bisnis korporasi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/110250
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pernyataan,Abstrak,Lembar Pengesahan,Prakata, dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover630.7 kBAdobe PDFView/Open
K15190046_Nabila Natasha.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.21 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran748.63 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.