Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/109743
Title: Kinerja Pertumbuhan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) pada Sistem Bioflok yang diberi Pakan Tinggi NSP (nonstarch polysaccharide)
Other Titles: Growth Performance of Pacific white shrimp (Litopenaeus vannamei) in Biofloc System with High NSP (nonstarch polysaccharide) Feed
Authors: Setiawati, Mia
Suprayudi, Muhammad Agus
Rizki, M Rangga Mulya
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Penggunaan sistem bioflok (BFT) dengan pakan tinggi nonstarch polysaccharide (NSP) diharapkan mampu meningkatkan C/N rasio sehingga tidak membutuhkan penambahan sumber karbon dari luar media pemeliharaan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja pertumbuhan udang vaname (L. vannamei) pada sistem bioflok yang diberi pakan tinggi kadar NSP (nonstarch polysaccharide). Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), yang terdiri dari tiga perlakuan dengan masing-masing terdiri dari tiga kali ulangan, meliputi perlakuan pakan A (BFT+NSP-SD), pakan B (BFT+NSP-MD), dan pakan C (BFT). Udang vaname dengan bobot rata-rata 0,451 ± 0,004 g ditebar sebanyak 300 ekor udang/m3 pada bak fiber kapasitas 900 Liter dan dipelihara selama 42 hari. Pemberian pakan sebanyak 4 kali sehari secara restricted. Hasil penelitian menunjukkan parameter bobot mutlak udang, pertumbuhan relatif, rasio konversi pakan, dan efisiensi pakan pemeliharaan dengan pemberian pakan tinggi kadar nonstarch polysaccharide pada perlakuan (BFT+NSP-SD) dan (BFT+NSP-MD) belum dapat memberikan efek lebih baik dengan hasil yang didapat pada perlakuan kontrol (BFT). Namun, pemberian pakan tinggi kadar (BFT+NSP-SD) dan (BFT+NSP-MD) mampu meningkatkan tingkat kelangsungan hidup udang dibandingkan dengan perlakuan kontrol (BFT+).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/109743
Appears in Collections:UT - Aquaculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Lembar Pengesahan, Prakata, Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover430.1 kBAdobe PDFView/Open
C14160111_Rangga Mulya Rizki.pdf
  Restricted Access
Full Text683.57 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran187.65 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.