Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/109436
Title: Pemodelan Distribusi Wilayah Rawan Kebakaran Menggunakan Model Maximum Entropy (Studi Kasus PT Jambi Batanghari Plantation)
Other Titles: Modeling the Distribution of Fire Prone Areas Using the Maximum Entropy Model (Case Study of PT Jambi Batanghari Plantation)
Authors: Risdiyanto, Idung
Hidayat, Rahmat
Ayuba, Refi
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia adalah peristiwa bencana regional dan global yang banyak memberikan dampak negatif bagi lingkungan dan mahluk hidup di dalamnya. Kejadian-kejadian kebakaran di Indonesia ini perlu dikaji, terutama untuk dapat memberikan informasi bagi usaha-usaha, pengelolaan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. kebakaran hutan dan lahan. Salah satu informasi yang diperlukan adalah mengetahui tingkat kerawanan kebakaran di suatu wilayah. Metode yang digunakan dalam memprediksi wilayah rawan kebakaran pada penelitian ini maximum entropy. Model ini dapat digunakan untuk memetakan distribusi wilayah rawan kebakaran dan menentukan parameter yang paling berpengaruh. Input model maximum entropi terbagi menjadi 2 yaitu input sample dan input environmental layer. Peta kerawanan kebakaran dihasilkan dari nilai probabilitas kejadian kebekaran di setiap pixel area. Parameter yang paling berpengaruh adalah parameter tutupan lahan, radiasi, kecepatan angin, dan kedalaman gambut masing-masing yaitu 33,6%,17,6%, 14,1%, dan 13,4%. Tutupan lahan yang berada pada wilayah dengan kerawanan kebakaran tinggi adalah semak belukar, lahan terbangun, lahan persemaian kelapa sawit, dan perkebunan kelapa sawit. Tutupan lahan ini berada di kawasan gambut dengan kedalaman 3 meter atau lebih dan juga tanah mineral. Model MaxEnt ini memiliki nilai akurasi AUC sebesar 0,85.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/109436
Appears in Collections:UT - Geophysics and Meteorology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover_Refi Ayuba.pdf
  Restricted Access
Cover702.8 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran_Refi Ayuba.pdf
  Restricted Access
Lampiran967.55 kBAdobe PDFView/Open
G24170008_Refi Ayuba.pdf
  Restricted Access
Fullteks1.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.