Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/109362
Title: Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Buku Pada Mahasiswa
Authors: Sumarwan, Ujang
Aminah, Mimin
Sulistyo, Adi
Issue Date: 22-Sep-2021
Publisher: IPB University
Citation: Jurnal Manajemen - MM UIKA
Series/Report no.: Volume 12, Issue 3, 01 October 2021;Pages. 474-491
Abstract: Penerbit dan toko buku mengalami penurunan penjualan buku dari tahun 2013 sampai 2020. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui apakah faktorfaktor yang menyebabkan penjualan buku mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan mencari faktor-faktor apa saja yang memengaruhi mahasiswa dalam membeli buku. Ada berbagai faktor yang memengaruhi dalam keputusan pembelian buku, yaitu: faktor harga, produk, lokasi, promosi, gaya hidup, word of mouth teknologi, dan informasi. Penelitian ini menggunakan 205 responden yang merupakan mahasiswa IPB University. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Probability sampling yaitu metode pengambilan sampel secara random atau acak. Pemilihan sampel dengan menggunakan convinience sampling yaitu teknik penarikan sampel dari orang atau unit yang paling mudah dijumpai atau diakses. Metode penarikan sampel menggunakan metode wawancara dan mengisi kuesioner pada google form. Penelitian menggunakan alat uji SEM PLS. SEM (Structural Equation Models) merupakan teknik statistik yang bertujuan untuk membangun maupun menguji model statistik yang biasanya dalam bentuk model sebab akibat. Penelitian ini merupakan bidang ilmu perilaku konsumen. Penelitian dilakukan di kampus Institut Pertanian Bogor bulan Desember 2020 sampai April 2021. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) karena obyek penelitiannya adalah mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor produk, harga, word of mouth, gaya hidup, teknologi, dan informasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian buku pada mahasiswa. Faktor lokasi, dan promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian buku pada mahasiswa.
Publishers and bookstores declined in book sales from 2013 to 2020. The study aimed to find out factors that caused book sales declined and students influencing factors in buying books. There are various factors that influencing the decision to purchase books, i.e price, product, location, promotion, lifestyle, word of mouth technology, and information. This study used 205 respondents who are students of IPB University. The data collection technique used is Probability sampling, a random sampling method. Sample selection using convenience sampling is a sampling technique from the person or unit that is the easiest to find or access. The sampling done by the interview method and filled out a questionnaire on the google form. PLS SEM test tool used to data analysis. SEM (Structural Equation Models) is a statistical technique that aims to build or test statistical models, which are usually causal This research is a field of consumer behaviour science. The research was conducted on the Bogor Agricultural University campus from December 2020 to April 2021. The author chose the location of this research purposively because the object of the research was active Bogor Agricultural University students The study results showed that the product, price, word of mouth, lifestyle, technology, and information factors had a significant effect on students buying book decisions. Location and promotion factors have no significant effect on students purchase book decisions.
Description: -
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/109362
ISSN: DOI: 10.32832/jm- uika.v12i3.5252
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdfCover446.77 kBAdobe PDFView/Open
Thesis Adi Sulistyo. Final Watermark.pdf
  Restricted Access
Fullteks1.71 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran566.05 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.