Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/108729
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasanah, Nur-
dc.contributor.advisorAbdullah, Asaddudin-
dc.contributor.authorDewi, Resti Purnama-
dc.date.accessioned2021-08-25T00:35:24Z-
dc.date.available2021-08-25T00:35:24Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/108729-
dc.description.abstractSalah satu destinasi tujuan wisatawan Indonesia bahkan mancanegara adalah Sumatera Barat. Keberadaan Virtual Hotel Operator (VHO) yang sudah semakin banyak diharapkan mampu menjadi salah satu penopang perekonomian di Sumbar. Namun, mayoritas pemilik hotel merasa tidak puas dengan sistem yang digunakan VHO. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kesuksesan dari sistem informasi pada setiap aplikasi dan memformulasikan rekomendasi kebijakan kepada VHO dan pemerintah daerah. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode DeLone dan McLean. Berdasarkan hasil penelitian, baik pengguna aplikasi maupun pemilik hotel sudah memiliki sistem informasi yang dianggap sukses, namun pada pengguna aplikasi OYO Rooms masih bisa untuk meningkatkan kesuksesan informasinya, begitu juga pada pemilik hotel RedDoorz masih bisa untuk meningkatkan sistem informasinya. Rekomendasi yang diberikan kepada VHO yaitu agar dapat memperbaiki sistem kontak dan layanan yang sudah ada agar tidak merugikan pemilik hotel dan rekomendasi kepada pemerintah daerah agar dapat memperhatikan sistem kerja sama VHO dengan masyarakat Sumbar.id
dc.description.abstractTravel has become a community needs that are driven by various purposes. One of the destinations for Indonesian and even foreign tourists is West Sumatra. The existence of a Virtual Hotel Operator (VHO), which has increased significantly, is expected to become one of the pillars of the economy in West Sumatra. However, the majority of hotel owners are dissatisfied with the system used by VHO. This study aims to map the success of the information system in each application and formulate policy recommendations to VHO and local governments. This research was conducted using the DeLone and McLean method. The result of the study indicated that both app users and hotel owners already have information systems that are considered successful. However, in OYO Rooms application, the user could still improve the success of their information, and RedDoorz hotel owners can still improve their information system. The recommendations given to VHO are to improve the existing contact and service system not to harm hotel owners and recommendations to local governments to pay attention to the VHO system of cooperation with the people of West Sumatra.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Kesuksesan Sistem Informasi Pada Booking Hotel Online di Kota Padang dan Bukittinggi Menggunakan Metode DeLone dan McLeanid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordDelone dan McLeanid
dc.subject.keywordhotelid
dc.subject.keywordVHOid
dc.subject.keywordinformation system successid
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover448.89 kBAdobe PDFView/Open
K14170024_Resti Purnama Dewi.pdf
  Restricted Access
Fulltext659.33 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran400.8 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.