Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107873
Title: Analisis dan Perancangan Marketplace Pertanian Menggunakan User Experience
Other Titles: Analysis and Design of Agricultural Marketplace Using User Experience
Authors: Nurhadryani, Yani
Hermadi, Irman
Rahmayanti, Pipit
Issue Date: 22-Feb-2021
Publisher: IEEE
Citation: P. Rahmayanti, Y. Nurhadryani and I. Hermadi, "Analysis and Design of Agricultural Marketplace Using User Experience," 2020 International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Information System (ICIMCIS), 2020, pp. 207-212, doi: 10.1109/ICIMCIS51567.2020.9354292.
Abstract: Marketplace merupakan model e-business yang menghubungkan penjual dan pembeli. Perkembangan marketplace bukan hanya untuk mengikutiperkembangan bisnis global yang semakin digital, namun juga sangat penting di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 per 31 Desember 2020, pandemi ini sudah menyebar ke215 negara di dunia, dengan kasus positif di Indonesia mencapai 743.198 kasus. Untuk menghindari penyebaran virus Covid-19, pemerintah Indonesia mengambil kebijakan untuk menggiatkan kegiatan social distancing dan work from home. Kebijakan ini secara tidak langsung berakibat pada melemahnya perekonomian, dikarenakan kondisi pasar yang sepi pembeli. Pada sektor pertanian marketplace berperan sebagai penghubung petani langsung ke konsumen. Sehingga dapat meningkatkan dan menguntungkan bagi petani. Total pengguna marketplace pertanian saat hanya mencapai 100.000 pengguna berbeda jauh dengan total pengguna marketplace umum lainnya yang sudah mencapai 50 juta pengguna. Salah satu penyebabnya adalah 60% waktu terbuang karena banyak pengguna belum memperoleh informasi yang dicari. Hal ini berdampak pada penurunan produktivitas hingga mengalami kegagalan. Marketplace sebagai media online tempat melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual, menjadi solusi dari sepinya kegiatan jual beli di pasar. Faktor selanjutnya adalah panjangnya rantai pasokan dari petani ke konsumen, hal ini diakibatkan karena sebagian besar distribusi hasil pertanian didominasi oleh pedagang, baik pedagang pengumpul tingkat desa dan kecamatan, pedagang besar, maupun eksportir yang sering kali tidak memberikan nilai tambah apa pun terhadap produk yang akan dipasarkan, namun tetap mengambil margin. Keadaan ini mengakibatkan bisnis pertanian masih banyak yang dinikmati oleh pedagang bukan oleh petani, dan tentu saja ini akan berimbas langsung ke konsumen. Untuk itu, perlu dilakukan analisis marketplace pertanian agar menjadi salah satu mrketplace pertanian yang banyak penggunanya dan menjadi marketplace yang teratur, wajar dan efisien. Oleh karena itu, untuk memastikan pengalaman berbelanja yang positif oleh pelanggan dan tingkat kegunaan yang tinggi, penting untuk mengembangkan aplikasi marketplace pertanian yang memiliki desain antarmuka yang baik. Dalam mewujudkan hal tersebut pelitian ini akan melakukan rancangan prototipe aplikasi marketplace pertanian menggunakan Lean UX. Metode ini berupa tahap siklus yang dimulai dari penilaian terhadap aplikasi marketplace dengan menerapkan kualitas pelayanan marketplace. Tahap penilaian ini dilakukan untuk menjadi alat ukur peracangan marketplace agar sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dilanjutkan membuat spesifikasi kebutuhan pengguna. Ada 7 dimensi yang diterapkan sebagai alat ukur untuk membuat proses bisnis diantaranya dimensi informasi, efisiensi, keandalan, privasi dan keamanan, komunikasi, layanan bernilai tambah dan terkait produk pertanian. Kemuadian dengan adanya dimensi tersebut dirancang proses bisnis yang menghasilkan 21 fungsi sebagai acuan untuk membuat desain aplikasi marketplace pertanian. Fungsi tersebut di antaranya adalah mencakup desain aplikasi yang baik mulai dari tampilan beranda, kategori produk, hasil pencarian produk, desain detail produk, tampilan pembayaran dan sebagainya. Tahap rancangan prototipe dilakukan sketsa, wireframe dan hasil rancangan ini diimplementasikan ke bentuk prototipe medium-fidelity. Pada tahap evaluasi prototipe medium-fidelity dilakukan usability testing dengan metode think-aloud yang berfungsi untuk menilai apakah aplikasi marketplace pertanian menampilkan informasi yang jelas dan mudah dimengerti, merespon permintaan customer dengan cepat, menyediakan berbagai jenis metode pembayaran serta fungsi lainnya sesuai kebutuhan konsumen. Hasil pengujian terhadap 5 responden menunjukkan performance dengan success rate sebesar 77,14%
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107873
ISBN: 978-1-7281-9167-6
Appears in Collections:MT - Mathematics and Natural Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdfCover3.59 MBAdobe PDFView/Open
TESIS Mahasiswa Pasca Kom_ Pipit Rahmayanti_G651180071-signed.pdf
  Restricted Access
Fullteks2.08 MBAdobe PDFView/Open
G651180071_Pipit Rahmayanti.pdf
  Restricted Access
Fullteks14.34 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran4.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.