Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107113
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSimanjuntak, Megawati-
dc.contributor.authorRahmah, Mutia-
dc.date.accessioned2021-06-25T00:21:28Z-
dc.date.available2021-06-25T00:21:28Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107113-
dc.description.abstractBadan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) merupakan sebuah lembaga yang memiliki tugas untuk memberikan saran dan rekomendasi kepada pemerintah untuk menyusun kebijakan di bidang perlindungan konsumen, memberikan dan menyebarkan informasi mengenai perlindungan konsumen melalui media, menerima berbagai macam pengaduan tentang perlindungan konsumen dari masyarakat, LPKSM, atau pelaku usaha, dan melakukan survei yang berkaitan dengan kebutuhan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran dan kinerja BPKN. Desain penelitian yang digunakan yaitu mixed methods. Survei online dilakukan sebagai upaya untuk mengumpulkan data kuantitatif, hasil tersebut kemudian digabungkan dan diintegrasikan dengan hasil in- depth interview sebagai data kualitatif dengan Ketua Komisi Penelitian dan Pengembangan dari BPKN. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah konsumen yang mengetahui tentang fungsi dan tugas BPKN sudah lebih dari separuhnya. Namun, jumlah responden yang mengetahui program-program BPKN masih tergolong rendah. Peran BPKN dalam memberikan saran dan rekomendasi kepada pemerintah dinilai masih kurang jika dilihat dari jumlah saran dan rekomendasi yang dikeluarkan dalam setiap tahunnya. Di sisi lain, BPKN berhasil menciptakan inovasi baru dalam cara pengaduan konsumen di masa pandemi COVID-19 yaitu dengan cara melakukan pengaduan secara online.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleKajian Peran dan Kinerja Badan Perlindungan Konsumen Nasional Menggunakan Pendekatan Mixed Methodsid
dc.title.alternativeThe Study of Role and Performance of the National Consumer Protection Agency Using the Mixed Methods Approachid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordconsumer protectionid
dc.subject.keywordNational Consumer Protection Agencyid
dc.subject.keywordperformanceid
dc.subject.keywordroleid
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Lembar Pengesahan, Prakata, Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover219.33 kBAdobe PDFView/Open
I24170054_Mutia Rahmah.pdf
  Restricted Access
Fullteks803.02 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.