Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106991
Title: Formulasi Strategi Sekolah Erudio Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Masa Depan dengan Pendekatan Business Model Canvas
Authors: Daryanto, Arief
Saptono, Imam Teguh
Azlou, Khansa Annafi’u
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Pendidikan sangat penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan tidak hanya berpengaruh penting pada setiap individu tetapi juga mempengaruhi perkembangan suatu negara. Saat ini isu pendidikan juga sedang dibahas dan dikaji di berbagai kalangan, baik formal maupun informal. Pemerintah Indonesia juga terus meningkatkan program pendidikan bagi masyarakat dengan berbagai program yang dimiliki pemerintah. Penelitian ini menganalisis bagaimana visi dan misi yang telah dilaksanakan saat ini dan mencari strategi alternatif yang dapat diberikan kepada Erudio Indonesia School, salah satu sekolah unik di Indonesia dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Identifikasi dan analisis dari sekolah Erudio Indonesia dilakukan dengan menggunakan pendekatan BMC dengan melihat sembilan elemen yaitu customer segment, value proposition, channel, customer relationship, cost structure, revenue stream, key activities, key resources dan key. kemitraan. Selain itu dilakukan juga analisis terkait dengan Visi dan Misi sekolah Erudio Indonesia. Dari hasil BMC yang ada akan dianalis melalui analisis IPA untuk menentukan elemen-elemen prioritas dari hasil BMC yang ada. Analisis pada visi dinyatakan sudah cukup baik karena kalimat visi yang digunakan saat ini sudah memenuhi 6 dari 7 komponen visi. Analisa misi menunjukan bahwa adanya penambahan kalimat tanpa merubah makna dari misi pada kalimat nomer dua dan nomer 4. Selanjutnya pembenahan BMC bertujuan untuk meningkatkan kinerja yang telah dilakukan oleh sekolah-sekolah Erudio Indonesia. Berdasarkan Importance Performance Analysis (IPA), elemen prioritas perbaikan adalah segmen pelanggan. Dari elemen yang satu ini, ada dua elemen lainnya yang berdampak, yaitu aliran pendapatan dan struktur biaya. Strategi yang dapat diterapkan pada sekolah Erudio Indonesia adalah hal-hal yang harus erat kaitannya dengan segmen pelanggan seperti meningkatkan kualitas sekolah seperti menambah fasilitas, memperluas pemasaran dengan memanfaatkan alumni atau mikro influencer, meningkatkan prestasi siswa dan juga menjalin kerjasama dengan CSR dari perusahaan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106991
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pernyataan,Abstrak,Lembar Pengesahan,Prakata, dan Daftar Isi (1).pdfCover1.09 MBAdobe PDFView/Open
K15191025_Khansa Annafi’u Azlou.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.06 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran329 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.