Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106789
Title: Faktor Nilai Iklan Video Online, Sikap, Minat, dan Perilaku Menonton pada Situs Streaming YouTube
Other Titles: Online Video Advertising Value, Attitudes, Intention, and Watching Behavior Factors on YouTube Streaming Sites
Authors: Suroso, Arif Imam
Ratono, Joko
Ramadhani, Suci
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Citation: Journal Title = Journal of Applied Management, Journal Abbreviated Title = JAM, Volume = 18, Journal Issue Number = 3, Journal Issue Date = September 2020, peginatioan = 493-503
Series/Report no.: 30/E/KPT/2018;
Abstract: Pergeseran perilaku menonton konsumen memberi dampak perubahan strategi pemasaran dalam dunia bisnis dari media televisi ke media online. Salah satu iklan internet paling popular saat ini adalah iklan video online. YouTube merupakan salah satu media sosial yang menjadi pionir kemunculan kebiasaan menonton video online secara streaming menggunakan internet. Dengan beriklan menggunakan YouTube tidak dapat menjamin bahwa pengguna akan bertindak positif. Ada yang memberi tanggapan positif dengan cara menerima iklan dan menontonnya hingga selesai, tetapi juga ada banyak penonton yang memberi tanggapan negatif terhadap iklan sehingga penonton mencari cara untuk melewati iklan tersebut. Konsumen dapat merasa terganggu atau menganggap iklan tersebut menjengkelkan. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa konsumen cenderung tidak suka menonton iklan di situs streaming dan memilih untuk melewatinya. Gender juga dianggap sebagai dasar strategi segmentasi yang memiliki pengaruh langsung pada sikap konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan gender dan menganalisis pengaruh nilai iklan video online terhadap sikap, minat, dan perilaku saat menonton video online di YouTube. Responden penelitian ini adalah pengguna situs streaming YouTube di wilayah Jabodetabek dengan minimal usia 18 tahun. Responden dipilih berdasarkan tujuan penelitian, yaitu responden harus berusia minimal 18 tahun, berada di wilayah Jabodetabek, dan pernah menggunakan situs streaming YouTube. Pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran kuisioner secara online dan langsung yang berisi pernyataan sebagai instrumen penelitian. Jumlah responden yang didapatkan awalnya berjumlah 264 responden, namun setelah dilakukan cleaning data diperoleh 226 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS untuk menganalisis perbedaan kelompok gender dan AMOS untuk menentukan pengaruh variabel yang digunakan signifikan atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara perbedaan gender dengan sikap konsumen terhadap iklan. Selain itu, nilai iklan berdasarkan persepsi informativeness, entertainment, dan credibility memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap sikap konsumen. Sedangkan persepsi irritation memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap sikap konsumen. Sikap konsumen memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat perilaku dan minat perilaku memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap perilaku menonton. Dari keempat persepsi tersebut, yang memiliki pengaruh paling besar terhadap sikap, minat, dan perilaku menonton adalah credibility.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106789
ISSN: 1693-5241
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdfCover451.97 kBAdobe PDFView/Open
K15180127_SUCI RAMADHANI.pdf
  Restricted Access
Fullteks9.9 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran473.57 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.