Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106544
Title: Strategi Penghidupan Purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada Masa Pandemi (Kasus: Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon)
Other Titles: Livelihood Strategies of Former Indonesian Migrant Throughout Pandemic (Case: Ciwaringin Village, Cirebon Sub-District, West Java)
Authors: Wahyuni, Ekawati Sri
Nurdinawati, Dina
Ismiranty, Jasmine
Issue Date: Apr-2021
Publisher: IPB University
Abstract: Dampak pandemi COVID-19 pada awal tahun 2020 mempengaruhi beragam kalangan masyarakat. Salah satunya purna Pekerja Migran Indonesia, terutama pada aspek sosial dan ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan tujuan mengidentifikasi perubahan strategi nafkah dan modal nafkah yang dimiliki oleh purna Pekerja Migran Indonesia ketika pandemi. Data diperoleh dengan pengisian kuisioner kepada 32 purna migran di Desa Ciwaringin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keragaman strategi nafkah sebagai kiat untuk bertahan hidup ketika pandemi. Adapun terjadi penurunan kepemilikan modal alam dan finansial karena sebagian dijual dan digunakan untuk menutupi kekurangan ekonomi. Namun terjadi peningkatan kepemilikan modal sosial dan manusia yang dijadikan sebagai sumber nafkah tambahan ketika pandemi. Dampak ekonomi pandemi terhadap purna migran berupa penurunan pendapatan dan dampak sosial berupa menurunnya pola interaksi. Kata Kunci: strategi penghidupan, modal nafkah, purna pekerja migran, pandemi COVID-19
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106544
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover_I34170096_Jasmine Ismiranty.pdf
  Restricted Access
Cover1.24 MBAdobe PDFView/Open
I34170096_Jasmine Ismiranty.pdf
  Restricted Access
Fullteks1.37 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran_I34170096_Jasmine Ismiranty.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.