Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106414
Title: Pengaruh Preferensi dan Kesadaran Konsumen terhadap Minat Beli Sayur Organik melalui Penyampaian Informasi
Authors: Najib, Mukhamad
Mukti Ali, Mochammad
Adawiyah, Rabiatul
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Sayur organik umumnya tersedia dan dijual pada pasar modern atau tempat tertentu. Kelebihan sayur organik yaitu keamanan dan kesegaran yang lebih terjamin. Adanya perubahan pola konsumsi masyarakat dari sayur anorganik menjadi sayuran organik menjadi sebuah peluang bagi pasar moderen dalam menjual sayur organik yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Jumlah produsen pangan organik pada tahun 2016 di Indonesia meningkat sekitar 56% dibanding tahun sebelumnya tercatat dalam Survei Organik Indonesia (SPOI). Menurut David dan Ardiansyah (2016), konsumen makanan organik di Indonesia saat ini terdiri dari rumah tangga kelas menengah yang berpendidikan tinggi dan mayoritas tinggal di perkotaan. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah penyampaian informasi, presepsi konsumen, kesadaran konsumen, dan minat beli dari konsumen terhadap sayuran organik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif merupakan metode yang berlandaskan pada filsafat positivisme, dan digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu (Sugiyono 2018). Teknik pengambilan sampel menggunakan kuisioner.Lokasi penelitian ini bertempat di retail yang berada di Kota Bogor. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November 2019 hingga Mei 2020. Data yang diperoleh diolah menggunakan SEM-PLS. Responden pada penelitian ini merupakan responden yang belum pernah membeli produk sayur organik, namun berminat untuk membeli sayur organik. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 100 orang. Responden merupakan konsumen yang sering berbelanja di kelima ritel moderen di Kota Bogor. Hasil dari penelitian ini menunjukan bawa informasi yang didapat oleh konsumen mempengaruhi preferensi dan kesadaran konsumen akan sayuran organik sebanyak 55% responden setuju bahwa penting untuk mengetahui informasi mengenai sayur organik. Sumber informasi yang paling tinggi berasal dari sosial media dan interaksi dengan kerabat masing-masing sebesar 55%. Preferensi responden terhadap sayur organik dinilai masih cukup rendah dan memiliki pengaruh terhadap minat beli, namun kesadaran konsumen mengenai pentingnya sayur organik dinilai cukup tinggi. Sehingga preferensi dan kesadaran masyarakat berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen terhadap sayur organik.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106414
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Lembar Pernyataan,Abstrak,Lembar Pengesahan,Prakata, dan Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover387.49 kBAdobe PDFView/Open
K15180119_Rabiatul Adawiyah.pdf
  Restricted Access
Fulltext759.12 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran317.14 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.